image

Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor yang pakai ikat kepala bersama Sekcam paling kanan, mahasiswa sedang PSN di salah satu rumah penduduk

Kalibagor, (20/03/16). Sejumlah 149 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melaksanakan Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor. Mahasiswa tersebar di sejumlah 54 (lima puluh empat) RT didampingi masing-masing Kader di tiap RT.

 
Hadir juga dalam kegiatan PSN massal di Desa Kalibagor diantaranya Camat Kalibagor beserta Tim, Dokter dan Bidan serta Karyawan Puskesmas Kalibagor, Kepala Desa Kalibagor beserta Perangkat Desa, Ketua RT beserta Kader PSN ikut serta dalam pelaksanaan PSN yang dilaksanakan pada hari Minggu (20/03/2016).

Dari seratus empat puluh Sembilan Mahasiswa UMP dibagi tiap-tiap RT yang ada di Wilayah Desa Kalibagor. Untuk tiap RT ada dua sampai tiga Mahasiswa yang melaksanakan PSN bersama Kader PSN dan Dasa Wisma di masing-masing RT.

Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor menyampaikan “kegiatan PSN massal kali ini dilaksanakan pada hari minggu (20/03/2016) yang dibantu oleh Mahasiswa UMP sejumlah 149 Mahasiswa, yang disebar di tiap-tiap RT. Kegiatan ini meupakan tindak lanjut hasil rapat dengan Bupati Banyumas di Pendopo Kabupaten Banyumas”.

 

“Desa Kalibagor di bantu oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) untuk ikut melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kegiatan ini serentak seluruh RT sewilayah Desa Kalibagor yang didampingi oleh Kader PSN di tiap RT”. Jelasnya.

 
Nadia Ratu Koordinator Kegiatan dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP menyampaikan “Kegiatan ini merupakan amanah dari Dekan 3 Bidang Kemasyarakatan kepada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Divisi Pengabdian Masyarakat. Seluruh Mahasiswa Fakultas Kedokteran untuk melaksanakan dan terjun langsung ke Masyarakat dalam rangka melaksanakan kegiatan PSN bersama masyarakat Desa Kalibagor. Dari sejumlah 149 Mahasiswa di bagi sebanyak tujuh RW setelah dari RW langsung diterjunkan di masing-masing RT untuk melaksanakan kegiatan PSN”.

 

“Kegiatan ini rencananya sampai bulan April selama dua bulan kita akan melaksanakan kegiatan setiap minggu. Setelah dua bulan berjalan ditiap minggunya kami akan melaksanakan lagi dua bulan tetapi kita akan melakukan sample jadi sudah tidak lagi seluruh rumah ditiap-tiap RT. Kemungkinan kita akan pilih dua RW yang benar-benar atau termasuk banyak ditemukan Jentik-jentik Nyamuknya” ujarnya.

 

Lain halnya disampaikan oleh Majudin dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP “Kami merasa senang bisa langsung terjun langsung ke Masyarakat, sehingga kami bisa untuk bisa membantu kegiatan PSN di rumah-rumah. Dalam kegiatan PSN tadi yang saya ikuti ada 3 (tiga) Dasa Wisma (DAWIS), setelah di rekap dalam satu RT ada ditemukan jentik-jentiknya sebanyak 4 rumah.

Semoga kedepan untuk Desa Kalibagor nantinya bisa bersih dari Jentik-jentik, yang penting masyarakat itu mau menjaganya dengan baik, terutama untuk bisa sering membersihkan tempat-tempat yang biasa untuk sarang nyamuk. Gerakan PSN untuk lebih sering dilaksanakan” jelasnya.

 
“Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) berjalan dengan lancar, yang selanjutnya di tiap-tiap RT untuk membuat laporan hasil kegiatan PSN di wilayah RT masing-masing. Selanjutnya untuk tindak lanjut kegiatan PSN ini akan dilaksanakan di tiap minggu selama dua bulan oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP yang langsung terjun ke tiap RT. (manto)

EDIT4EDIT5EDIT6EDIT2EDIT3 EDIT1