Kalibagor, (19/02/2021), Dinporabupar Kabupaten Banyumas memfasilitasi ijin usaha Homstey di Desa Kalibagor pada hari Kamis (18/02/21) di Pendopo Balai Desa Kalibagor.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembuatan ijin Homstey di Desa Kalibagor langsung difasilitasi oleh Dinporabudpar Kabupaten Banyumas yang didampingi langsung oleh Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wahyono, dengan Tim Fasilitasi perijinan Homstey.

Dalam rangkaian kegiatan pemrosesan perijinan homstey di Desa Kalibagor langsung di hadiri oleh seluruh pemilik Homstey yang berjumlah delapan belas pemilik. Proses diawali dari validasi data Pemilik Homstey karena dengan menggunakan system online, dan Surat Ijin usaha Homstey langsung dicetak untuk masing-masing pemilik Homestey.

Wahyono Kabid Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menyampaikan dalam sambutannya “Homstey adalah rumah yang bisa digunakan oleh orang lain untuk menginap, untuk melakukan usaha Homstey itu harus ada ijinnya, dan ijinnya itu sesuai dengan Kemenpar nomor 10 tahun 2018 maupun mengacu ke perda perda Banyumas, juga mengacu pada PP 24 tahun 2018 tentang pelayanan perijinan berbasis elektronik”.

“Untuk pemilik Homstey ini harus bisa mendapatkan ijin usaha Homstey, sehingga akan mudah di jangkau oleh pengunjung yang akan menginap di Homstey yang berada di wilayah desa wisata”. Ungkapnya.

“Karena proses pembuatan ijinnya harus Online maka kami datang secara langsung ke Desa Kalibagor untuk memfasilitasi proses perijinan usaha Homstey. Dinporabudpar sementara memfasilitasi perijinan usaha homstey kepada Desa yang sudah memiliki SK Desa Wisata oleh Bupati Banyumas” jelasnya.

Kepala Desa Kalibagor Slamet Riyanto menyampaikan “mengucapkan banyak terima kasih atas difasilitasinya Ijin Usaha Homstey di Desa Kalibagor terutama kepada Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dalam hal ini turun langsung Wahyono selaku Kabid Pariwisata, yang secara langsung turun untuk memfasilitasinya”

Harapan kami di Pemerintah Desa Kalibagor untuk para pemilik homestay untuk lebih semangat dalam mengembangkan Homstey karena salah satu untuk bisa meningkatkan perekonomian dan  kemajuan Desa Wisata Kalibagor. Diharapkan setelah ada ijin Homstey untuk siap menerima tamu dari luar, baik tamu yang ditunjuk langsung dari Dinporabudpar atau yang secara mandiri melalui baik melalui Pengelola Wisata maupun Telepon langsung ke pemilik Homstey yang sudah tertera di Perijinan Homstey” terangnya.

Pemilik Homstey di Desa Wisata Kalibagor ada 18 (delapan belas) pemilik yang semuanya sudah dibuatkan ijin usaha Homstey oleh Dinporabudpar Kabupaten Banyumas. Homestey adalah salah satu usaha wisata yang akan mendukung demi perkembangannya Desa wisata di Desa Kalibagor.

Desa Wisata Kalibagor memiliki Destinasi Wisata yang sedang dikembangkan adalah Embung Mini Kendalisada Kalibagor dan Agrowisata buah  Kelengkeng. (@mantoxbagor)

Penulis dan Editor : Kang Manto