Kades beserta Tim Pendamping PSN Kecamatan Kalibagor ikut mantau bersama Kader P

Kalibagor, Pemerintah Desa Kalibagor mengadakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serentak di 54 RT se wilayah desa Kalibagor, dilaksanakan pada hari Rabu (17/02/2016).

PSN dilaksanakan ditiap-tiap RT dengan melibatkan PKK, Dasa wisma juga Kader PSN itu sendiri untuk mengecek di tiap rumah. Dalam kegiatan ini juga dipantau oleh Kades, Perangkat Desa, Babinsa, Tim Pendamping PSN Kecamatan, Puskesmas dan para ketua RT.

Sebelum pelaksanaan PSN serentak Pemerintah Desa Kalibagor mengadakan sosialisai melalui publikasi kelilig se wilayah Desa Kalibagor pada hari selasa (16/2/206) jam 16.00 wib. Malamnya pukul 19.30 wib s.d selesai mengadakan sosialisai sekaligus koordinasi dengan Lembaga Desa BPD, LKMD, Ketua RT/RW, Puskesmas, Kader PSN, Babinsa, dan Babinkamtibas untuk persiapan PSN serentak.

Dalam rapat koordinasi persiapan Pemerintah Desa Kalibagor membantu dua buah senter kepada tiap-tiap RT, untuk kegiatan PSN. Dalam pelaksanaan PSN serentak warga sangat antusias untuk mengontrol tempat-tempat yang dimungkinkan ada jentik-jentik nyamuknya. Kepala Desa beserta perangkatnya terjun langsung untuk melihat kegiatan PSN yang sedang dilaksanakan oleh petugas PSN.

Kepala Desa Kalibagor Tjiptadi, “menyampaikan kegiatan PSN ini dilaksanakan serentak di 52 RT,  bertujuan untuk mengontrol tempat-empat yang dimungkinkan jadi sarang nyamuk, sekaligus untuk mengetahui berapa banyak rumah yang ada jentik-jentiknya.”

“PSN ini merupakan cara yang baik untuk pemberantasannya, karena dengan PSN petugas bisa langsung mengadakan gerakan 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur) terhadap barang-barang yang memungkinkan dijadikan sarang nyamuk.” ujarnya

“Gerakan PSN serentak selama 2 hari dengan melibatkan semua elemen masyarakat mulai dari Lembaga Desa sampai Kader-kader PSN itu sendiri. Kades diharapkan untuk bisa  memberikan dorongan kepada masyarakat untuk bisa sadar diri terhadap lingkungan yang sehat. Sehingga masyarakat bisa langsung menjaga kebersihan dengan sendirinya, tanpa diberi peringatan.” diisampaikan oleh Sudarso Camat Kalibagor.

Puji pendamping PSN Kecamatan Kalibagor menyampaikan “kedepan kami harapkan tidak ada lagi masyarakat yang kena penyakit Demam Berdarah (DBD). Mudah-mudahan dengan adanya PSN serentak ini benar-benar dilaksanakan dengan baik, sehingga tidak ada lagi jentik-jentik nyamuk yang mengakibatkan DBD”.

Salah satu kader PSN Sulastri warga RT 02 RW 03 menyampaikan “Kegiatan PSN ini sangat bagus, sehingga bisa untuk mengetahui tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat jentik-jentik nyamuk. Apalagi pemerintah Desa sangat mendukung dengan memberi bantuan senter untuk oncor-oncor tempat yang diperkirakan sebagai sarang nyamuk. Kami di RT ada 5 kader PSN yang sudah rutin mengadakan kegiatan ini, sehingga kami sudah terbiasa dan tahu tempat mana yang bisa dijadikan nyamuk untuk bertelur.”

“Harapan kami mudah-mudahan dengan adanya PSN serentak ini, bisa menjadikan kedepan lebih giat dalam melaksanakan kegiatan ini. Paling kami minta kepada Pemerintah Desa atau Puskesmas untuk bisa membantu masker atau penutup hidung juga, syukur ada obat abate sekalian” jelasnya.