Kalibagor.desa.id, (15/8/18). Admin Desa Kalibagor mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) yang dilaksanakan di Hotel NEO Semarang dengan materi khusus Jurnalis bagi Desa Pilot Project di Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan Jurnalis Desa bagi Desa Pilot Project yang diikuti setiap Kabupaten 4 (empat) Desa sebagai Desa Pilot Projeck Sistem Informasi Desa, yang dilaksanakan oleh Dinsospermasdes Provinsi Jawa Tengah dan sebagai tindak lanjut kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Desa yang dilaksnakan pada bulan Juli 2018.

Tindak lanjut pelatihan SID yang dilaksanakan 2 (dua) hari, Selasa-rabu (14-15/8/2018) dengan materi Jurnalis Desa bagi Desa Pilot Projeck Provinsi Jawa Tengah.

Erni Susilowati Narasumber dan juga Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah mengatakan “Kegiatan SID yang dilaksanakan dengan materi khusus Jurnalis Desa merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan SID tahap pertama pada bulan Juli 2018”.

“Kegiatan lebih lanjut pada pokok permasalahan tentang Jurnalis Desa dan menyempurnakan kegiatan SID pertama dengan menggunakan aplikasi Sideka, sekaligus cara mengoperasikan Dashbord aplikasi Sideka”. ujarnya.

Kegiatan lanjutan Pelatihan SID tahap kedua ini, selain dari Relawan TIK juga ada Narasumber Agus Widyanto dari Praktisi Media Suara Merdeka Net Work dengan materi Jurnalis Desa.

Agus Widyanto menyampaikan materinya fokus tentang Jurnalis Desa, diantaranya menyampaikan tentang Strategi Komunikasi Desa (SSD);
1. Bentuk Komunikasi: Komunikasi massa, proses penyampaian pesan (informasi, gagasan) kepada orang banyak (publik) melalui media.
2. Komunikasi kelompok, bentuk komunikasi yang terjadi antar beberapa orang dalam suatu tempat atau komunitas.
3. Komunikasi Antar Pribadi, komunikasi secara langsung antara satu orang dengan orang lainnya.

Sunaryo dari Dispermasdes Provinsi Jawa Tengah, “menyampaikan, bahwa operator SID terutama sebagai Desa Pilot Projeck juga harus handal menulis pemberitaan tentang desa, dengan demikian desa dapat menyampaikan informasi kepada publik perihal pembangunan desa, serta informasi-informasi lain seputar desa”.

“Empat Desa yang dikirim dan sebagai desa Pilot Projeck untuk sebagai bisa mengembangkan aplikasi Desa yang sudah diberikan, juga untuk bisa sebagai contoh di wilayah kabupaten masing-masing.” ujarnya.

Untuk Desa di Kabupaten Banyumas sebagai desa Pilot Project Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 yakni Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor, Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Desa Dermaji Kecamatan Lumbir dan Desa Glempang Kecamatan Pekuncen.