DSC06239
Sarasehan Desa dan Pelatihan tentang Undang-undang Desa No. 6 Tahun 2014 tentang Desa terutama dalam menyikapi di bidang pertanian diadakan oleh Pemerintahan Desa dan Kelompok Tani Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman kabupaten Magelang, pada tanggal 9 – 10 Februari 2015 di Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.

“Empat hal yang menjadi patokan atau gambaran bagi desa; 1) Kekuatan potensi-potensi yang ada di desa baik sumber daya alamnya dan potensi yang lain, 2) Tidak mempunyai kekurangan dan kelemahan, harapan kelemahan kelemahan yang ada ini bisa menjadi kekuatan, dengan adanya UU Nomor 06 Tentang Desa tahun 2014 sebagai payung untuk kesejahteraan desa, 3) Peluang yang ada di luar bisa digali walupun ada resiko-resiko yang ada, dengan adanya payung UU Desa ini bisa menjadi payung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, 4) Undang-undang bukan hanya dihafal tetapi kita harus tau konstektualnya tentang undang-undang tersebut. Potensi yang ada di Desa akan dibutuhkan orang-orang yang ada diluar”. disampaikan oleh Sujarwo dari BPPKP Kabupaten Magelang

“Dalam kegiatan Sarasehan Desa dan Temu tani dilaksanakan untuk membahas dan mengevaluasi penerapan kebijakan pemerintah terhadap nasib petani. Yang selama ini terkesan bahwa petani identik dengan rendahan, kotor dan tidak berpendidikan. Dilihat dari sisi permodalan maupun sektor kelembagaan” disampaikan oleh Shoim Setam ketua penyelenggara.

“Seperti Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, rasanya segala peraturan kurang menyentuh petani. Terlebih lagi dengan legitimasi petani itu rendahan, sehingga petani belum banyak diajak untuk lebih memahami peraturan yang mengatur tentang petani” ujarnya

Kegiatan dihadiri oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Salaman, Perangkat Desa dan Kelompok Tani se wilayah Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.

Narasumber dalam acara tersebut antara lain Edi Waluyo dari Yayasan Jateng Berdikari, Sujarwo dari BPPKP Kabupaten Magelang, Wardiyono Ketua Serikat Tani Merdeka Cabang Klaten, Sungging Septivianto dari Dewan Kehutanan Nasional (DKN) dan Sumanto Perangkat Desa Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Pada seminar tersebut fokus pembicaraan diarahkan pada aturan perundangan yang mengatur tentang pemberdayaan ekonomi petani, mengupas sektor usaha pertanian dan tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).