Selama pandemi COVID-19, anak merupakan kelompok rentan yang harus dilindungi oleh semua pihak, terutama orang tua. Peran orang tua sangat penting dalam menjaga kesehatan anak, termasuk menanamkan tradisi dan kebiasaan baru sesuai dengan protokol kesehatan.

Untuk melindungi anak, kita bisa mulai dari memastikan akses imunisasi bagi anak atau bayi. Orang tua sebaiknya aktif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pencegahan penularan COVID-19 sehingga mampu mendampingi, mengedukasi, hingga berdiskusi dengan anak tentang situasi pandemi saat ini.

Selain memastikan kesehatan fisik anak tetap terjaga, orang tua juga perlu memperhatikan kesehatan mental anak. Kesehatan fisik dan mental ang seimbang akan mendukung anak dapat belajar dan beraktivitas dalam kondisi aman dan sehat.

Pemerintah Desa Kalibagor, Banyumas, menyadari pentingnya menjaga kesehatan anak. Mereka aktif melakukan kampanye penyadaran pada masyarakat hingga tingkat dasa wisma. Poster dan banner yang berisi edukasi protokol kesehatan dipasang di tempat-tempat strategis, seperti Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kebiasaan baru yang perlu diajarkan dan ditanamkan pada anak bisa berupa tradisi mencuci tangan dengan benar, selalu menggunakan masker saat bermain di luar rumah, rajin mengonsumsi makanan bergizi (sayuran dan buah-buahan), dan selalu mandi setelah mereka bermain.

Sebaiknya orang tua juga ikut mendampingi anak saat bermain. Hindari permainan dalam ruang tertutup tanpa dukungan ventilasi yang bagus. Jangan membawa anak ke tempat-tempat dimana ada potensi terjadinya kerumunan. Konsultasikan ke tenaga kesehatan bila ada tanda dan gejala penurunan kualitas kesehatan pada anak Anda.

Peran aktif orang tua dalam menjaga kesehatan anak akan mendukung program pemerintah dalam melindungi generasi muda yang sehat dan maju. Disiplin 3M + Vaksinasi COVID-19 tetap menjadi ikhtiar kita bersama. Ayo, jangan lengah!

Diolah dari: https://covid19.go.id/ dan data/fakta dari lapangan di Desa Kalibagor.

Sutinah I1F020009