Kalibagor, (4/7/18). Admin Desa Kalibagor mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) bagi Aparat Kabupaten dan Desa Pilot Project Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, yang dilaksanakan di Hotel NEO Semarang selama 2 (dua) hari, tanggal 2-4 Juli 2018.

Empat Desa Pilot Project dari Kabupaten Banyumas yang mendapat undangan Pelatihan SID, diantaranya Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor, Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Desa Dermaji Kecamatan Lumbir dan Desa Glempang Kecamatan Pekuncen.

Pelatihan SID dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 2-4 Juli 2018 di Hotel NEO Semarang yang dilaksanakan oleh dinsospermasdes Provinsi Jawa Tengah.

Hari pertama Pembukaan secara langsung dibukak oleh Kepala Dinsospermasdes Provinsi Jawa Tengah yang menyampaikan terkait dengan kegiatan Pelatihan SID. Dilanjutkan oleh Staff Pribadi Gubernur Jawa Tengah, beliau menerangkan peranan SID bagi informasi masyarakat luas.

Pelatihan Sistem Informasi Desa SID diisi oleh Relawan TIK Provinsi Jawa Tengah dengan mengenalkan aplikasi SIDEKA (Sistem Informasi Desa dan Kawasan), yang akan digunakan oleh desa. Tiap peserta pelatihan dibuatkan Username dan Pasword untuk bisa membuka SIDEKA sekaligus untuk mengisinya.

Peserta pelatihan di latih cara menginput dan pengisian SIDEKA terutama untuk penginputan data Penduduk yang nantinya akan di integrasikan dengan Pemerintah Kabupaten masing-masing.