Di masa pandemi Covid-19, penting untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak aman saat kontak erat dengan orang lain. Dalam menjaga jarak, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan setidaknya 1 meter dengan orang lain.

Menurut WHO, orang dapat tertular Covid-19 dari orang lain yang terinfeksi virus corona. Virus corona dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

Percikan-percikan ini relatif berat, perjalanannya tidak jauh, dan jatuh ke tanah dengan cepat. Orang dapat terinfeksi Covid-19 jika menghirup percikan orang yang terinfeksi virus ini.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Selain itu, lebih baik menghindari pergi ke tempat-tempat ramai karena ketika orang-orang berkumpul bersama dalam kerumunan, kemungkinan untuk melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 lebih besar dan lebih sulit untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter.

Sutinah I1F020009