web desa

Website Desa Kalibagor

Desa Kalibagor merupakan salah satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sokaraja Kidul Kecamatan Sokaraja, Sebelah Barat dengan Desa Karangdadap, sebelah selatan dengan Desa Kaliori Dan di sebelah Timur berbatasan dengan desa Pajerukan, untuk luas wilayah  Desa Kalibagor 292.674 Ha.

Desa Kalibagor banyak kerajinan rakyat yang di lakukan oleh sebagian masyarakat Desa Kalibagor diantaranya ada Pembuatan Payung dari Kertas, pembuatan Stick Drum Band, Karambol, Sujen (tusuk sate), tusuk es cream dan lain sebaginya.

Dengan kehadiran infrastruktur telekomunikasi, khususnya internet, sangat menggugah minat penulis untuk mengetahui perkembangan dunia internet yang sekarang sudah populer bahkan sudah merambah sampai ke desa-desa. Apalagi sekarang desa sudah mempunyai nama domain sendiri yang dinamakan desa.id . Dengan adanya perkembangan jaman,  sehingga Internet bisa masuk Desa Kalibagor karena dengan pentingnya Informasi-informasi yang ada di internet.

Bahkan bukan internet saja yang masuk Desa Kalibagor, tetapi Desa Kalibagor yang bisa menembus masuk internet dengan mempunyai nama website www.kalibagor.desa.id email: pemdeskalibagor@gmail.com Facebook: pemdes.kalibagor, tweeter: @desakalibagor, ini yang merupakan tempat desa kalibagor untuk bisa mempublikasikan Kegiatan desa maupun potensi desa yang ada.

Gerakan Desa Membangun merupakan sarana untuk berbagi tentang TIK Desa, sehingga desa Kalibagor bisa menembus masuk internet. Dan ternyata dengan adanya desa Kalibagor masuk internet, bisa memberikan informasi kepada pemerintah maupun masyarakat tentang informasi kegiatan yang ada di desa. Yang selama ini mungkin jarang masuk dalam media massa maupun media elektronik. Dan dengan adanya Web desa kita bisa memberikan informasi-informasi yang ada di desa.

pengrajin kertas payung

Berita Pengrajin Payung Warga Desa Kalibagor di Suara Merdeka

Pemanfaatan INTERNET dalam suatu institusi dapat membuat pekerjaan semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan, internet akan sangat membantu dalam menyukseskan program e-government. Dalam e-government, internet menjadi teknologi yang berperan dalam proses penyediaan dan transfer informasi dari pemerintahan kepada pihak lain, misalnya warga masyarakat, ataupun sebaliknya.

Penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain disebut e-government. Penggunaan hubungan ini dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yaitu:

  1. G2C (Government to citizen), yaitu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.
  2. G2B (Government to bussines), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pengusaha.
  3. G2G (Government to Government), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pemerintah.

Dengan program e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.

Dengan demikian, secara tidak langsung akan membantu perkembangan suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan, dan yang lainnya. Orang luar akan dapat mengetahui peluang-peluang usaha di suatu daerah dengan mudah melalui e-goverment. Begitu juga masyarakat setempat akan dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah setempat, sehingga masyarakat luar dapat mengetahuinya.

Dengan adanya web desa kita bisa bekerja sama dengan lembaga desa bahkan masyarakat yang ada untuk saling mengisi informasi yang ada, sehingga desa semakin dikenal luas. Juga untuk bisa menjadikan masyarakat desa berperan aktif dalam menggunakan atau memanfaatkan internet. Sehingga website desa dengan adanya Jurnalis warga bisa sama-sama mengembangkan website desa. (manto.11/01/2014)

tweetkalibagor

Tweeter Desa Kalibagor

facebook kalibagor

Facebook Desa Kalibagor

 

 

 

websss

Website Desa Kalibagor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1463904_1427078310859790_215834985_nManto (admin website desa:  www.kalibagor.desa.id )

Email: mantoxbagor@gmail.com

Face Book : manto.kalibagor

Tweeter : @mantoxbagor