egrang

Pemerintah Desa Kalibagor bekejasama dengan masyarakat Desa Kalibagor mengadakan kegiatan Suraan dengan berbagai kegiatan diantaranya  Festival Egrang, Makan Takir bersama dan wayangan. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu (29/10/16) di Lapangan Dewa Kusuma Desa Kalibagor mulai jam 08 pagi samapi selesai.

Festival Egrang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu (29/10/16) mulai jam delapan pagi, star mulai dari depan Kecamatan Kalibagor menuju Lapangan Dewa Kusuma Kalibagor. Untuk Egrang satu regu berjumlah 12 orang. Setiap RT mengirimkan 12 orang, untuk pesertanya bebas. Festival egrang akan dinilai setiap regunya.

Kepala Desa Kalibagor Tjiptadi menyampaikan “Dalam rangka kegiatan suran  Pemerintah Desa Kalibagor bersama masyarakat mengadakan Festival Egrang, makan takir bersama dan wayangan. Untuk Egrang akan dinilai atau dilombakan, star akan dimulai dari depan Kantor Kecamatan Kalibagor finish di Lapangan Dewa Kusuma Kalibagor kira kira berjarak 400 meter.

Festival egrang ini sekaligus untuk memunculkan permainan yang selama ini sudah jarang dimainkan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa, sehingga dengan adanya Festival Egrang ini sekaligus bisa untuk mengenalkan permainan tradisioanl Egrang kepada anak-anak.” Jelasnya.

Riswoto salah satu panitia kegiatan dalam rangka Suraan menyampaikan “Kegiatan Suran ini baru kali ini akan diadakan di desa Kalibagor yang bekerjasama dengan masyarakat Desa Kalibagor dengan koordinator masing-masing RT untuk mengirimkan peserta sejumlah 12 orang untuk ikut Festival Egrang yang sekaligus akan dilombakan. Pantauan sampai sekarang masyarakat antusias dalam menyambut kegiatan suran ini, terutama di permainan Tradisional egrang.”

“Permainan egrang sekaligus untuk mengenalkan egrang kepada anak-anak yang selama ini belum mengenal egrang dan untuk orang tua sekaligus untuk mengenang kembali permainan tradisional egrang. Selain Festival Egrang juga akan dilaksanakan makan takir bersama di lapangan setelah Festival egrang selesai, untuk malam harinya kita adakan wayangan semalam suntuk.” Ujarnya.

Ali Mahdi Ketua RT 07 RW 03 Desa Kalibagor yang akan ikut berpartisipasi Festival egrang menyampaikan “permainan egrang ini sangat menarik dan tidak semua orang itu bisa, sampai sekarang kami sama teman-teman terus berlatih kekompakan dalam permainan egrang. Ini aja masih banyak yang kesusahan dalam bermain egrang. Bahkan ada yang sampai jatuh berkali-kali.”

Permainan tradisional egrang mengenalkan saya kembali pada waktu kecil, dan terima kasih kepada pemerintah desa Kalibagor yang menggugah kembali permainan tradisional egrang yang sekaligus dalam rangka kegiatan suraan. Sehingga masyarakat bisa memainkan egrang lagi walupun sudah lupa untuk memainkan bahkan susah untuk memainkannya.” Katanya.

Bagi masyarakat yang ingin melihat silakan datang di Festival egrang dalam rangka suraan yang akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal (29/10/16) mulai jam 8 sampi selesai. Festival Egrang akan diikuti oleh tiap-tiap RT yang sejumlah 54 RT, tiap RT satu regunya berjumlah 12 orang. Peserta Festival egrang yang akan mengikuti kurang lebih sejumlah 600 peserta egrang.

Powered by WPeMatico