kelengkeng

Anak Berfose di Kebun Kelengkeng yang sudah mulai berbuah

Kalibagor ,Anak sedang berfose di Pohon buah kelengkeng yang sudah berbuah di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor. Yang kedepan sebagai ikon Desa Kalibagor sebagai agrowisata buah kelengkeng.

Agrowisata buah kelengkeng selain dinikmati untuk buah juga diajadikan ajang berfoto-foto, mulai kebun kelengkeng baru akan berbuah sudah banyak pengunjung yang datang untuk melihat keadaan area kebun kelengkeng.

Selain kebun kelengkeng juga ada sarana untuk memandang area kebun kelengkeng yaitu embung mini yang berada di lokasi tertinggi. Embung mini yang tujuannya untuk penyiraman kebun kelengkeng.

Dari Embung mini pengunjung bisa melihat panorama atau pemandangan yang indah disekiling embung. Terlihat jauh menjulang tinggi disebelah utara Gunung Slamet dan Kota Purwokerto terlihat jelas. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dengan di hembus angin yang sejuk.

Kebun buah kelengkeng Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor, sudah mulai berbuah dengan baik. Buah kelengkeng jenis Itoh ini sudah berumur lebih kurang dua tahun. Beberapa pohon sudah mulai berbunga dan berbuah.

Kedepan Desa Kalibagor dijadikan agrowisata buah kelengkeng, selain itu juga dijadikan sebagai pusat pelatihan atau belajar bagi petani yang ingin belajar tentang pertanian Hortikultura. Yang sudah dimulai dengan Pelatihan Pemberdayaan Tani dari Desa Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap pelatihan di Sentra Pemberdayaan Tani Kalibagor yang diadakan oleh Bapeluh Provinsi Jawa Tengah dengan nara sumber teknis dari Tim Yayasan Obor Tani Semarang.

Petani Desa kalibagor sekaarang sudah mulai membuat bibit kelengkeng jenis itoh, jadi pengunjung yang ingin menanam atau sebagai oleh-oleh dari Desa Kalibagor bisa membeli bibit kelengkeng untuk di tanam di rumah.

Samapai sekarang Pemerintah Desa Kalibagor masih bekerja sama dengan Yayasan Obor Tani yang sedang menggarap lahan seluas 17 hektar untuk perkebunan buah Kelengkeng Itoh. Pohon Kelengkeng sudah ditanam sejak tahun 2014, kini sudah mulai berbuah sekitar 300 pohon kelengkeng jenis Itoh.

Desa Kalibagor ke depan akan menjadi Agrowisata Buah Kelengkeng. Harapannya, agrowisata mampu meningkatkan kesejahteraan para petani karena menggunakan lahan milik masyarakat. Setelah pendampingan dari Yayasan Obor Tani Semarang selesai kebun kelengkeng langsung diserahkan kepada masyarakat yang memeiliki lahan tersebut.

Data Pemerintah Desa Kalibagor pada 2014 menunjukkan ada 70 Ha berbentuk lahan pekarangan/kebun yang tidak produktif. Desa Kalibagor memanfaatkan lahan yang tidak produktif. Selama bertahun-tahun, lahan tersebut tidak membawa peningkatan ekonomi warga.

Warga belum mengelola lahan pertanian maupun perkebunan secara produktif. Melihat kondisi itu, Pemerintahan Desa Kalibagor membuat program yang mendorong warga untuk memanfaatkan lahan itu. Menurut Kepala Desa Kalibagor, Tjiptadi (65), pembuatan sentra tanaman buah Kelengkeng akan mengubah tata kelola lahan di wilayahnya.

“Desa Kalibagor akan menjadi sentra pemberdayaan tanaman buah Kelengkeng. Tanaman Kelengkeng akan dibudidayakan di lahan-lahan tandus yang kurang produktif,” ujarnya.

“Untuk tahun ini jalan dan jembatan menuju area Kebun Kelengkeng dan Embung mini akan segera dibangun, sehingga mobil dan sepeda motor bisa masuk dengan lancar. Mudah-udahan ini cepat teralisasi dan cepat dibangun.” jelasnya

IMG_20151018_130039

Anak-anak berkunjung di Embung Mini Kalibagor