Dari kiri Suwarso (Kepala SKB Kalibagor), Budi Santoso (Sekdes Kalibagor), Salimin (Tutor Pelatihan), dan sugiono (Tutor Pelatihan)

Kalibagor, (20/11/2014), Budi Santoso Sekdes Kalibagor beserta Suwarso Kepala SKB Kalibagor, Salimin dan Sugiono selaku Tim Fasilitator dalam acara pembukaan Pelatihan Desa Vokasi tahun 2014 di SKB Kalibagor, Kecamatan Kalibagor pada hari Kamis tanggal 20 November 2014.

Desa Kalibagor mendapatkan Program Desa Vokasi tahun 2014 untuk Budidaya Tanaman sayuran Organik. Kegiatan akan dilaksanakan selama sepuluh hari untuk pelatihan dan praktik yang selanjutnya akan mendapat dampingan selama tiga bulan. Peserta pelatihan berasal dari warga masyarakat Desa Kalibagor yang mayoritas Ibu-ibu.

Dalam Pelatihan ini peserta akan dilatih tentang budidaya Tanaman Sayuran Organik dengan dua tahapan diantaranya: di latih tentang kewawasan kewirausahaan dan praktik langsung dengan cara mempersiapkan, membuat dan menanam. Untuk Jenis Tanam yang akan ditanam ada sepuluh jenis tanaman sayuran yang akan dikembangkan oleh para peserta pelatihan.

“Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) telah banyak melaksanan program pendidikan masyarakat, yang difokuskan pada pemberian keterampilan kejuruan, yang dapat dijadikan modal dasar untuk bekerja atau berusaha. Salah satu kebijakan Kemendiknas yang terfokus pada penyelesaian masalah pengangguran dan kemiskinan adalah program pengembangan Desa Vokasi”. Disampaikan oleh Suwarso Kepala SKB Kalibagor di pembukaan pelatihan.

“Program ini mengisyaratkan bahwa proses pemberian ketrampilan kejuruan diarahkan pada perubahan pola pikir, pembentukan sikap dan perilaku masyarakat, berbasis kebutuhan masyarakat dan permintaan pasar, serta dapat menjadi solusi permasalahan pengangguran dan masalah sosial”. Ujarnya.

Sumber penghasilan

Harapan dari pengelola kegiatan Pelatihan Budidaya Tanaman Sayuran Organik, peserta harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan, wujud nyata hasil dari pelatihan yang nantinya akan langsung dilihat oleh dinas terkait, peserta juga harus bisa dan trampil serta peserta harus mandiri dan diupayakan apa yang telah didapatkan dari dari hasil kegiatan sebagai sumber penghasilan.

“Dengan adanya bantuan kegiatan untuk masyarakat, sehingga Desa Kalibagor menjadi Desa Vokasi di tahun 2014. Dengan adanya kegiatan ini semoga menjadikan masyarakat Desa Kalibagor paling tidak bisa mendapat ketrampilan, karena desa vokasi merupakan desa ketrampilan”. Disampaikan oleh Budi Santoso Sekdes Kalibagor di pembukaan pelatihan.

“Harapan kami dari Desa semoga pelatihan ini diikuti dengan baik dan nantinya bisa bermanfaat bagi para peserta pelatihan. Juga memberikan perubahan dan dampak positif sehingga pelatihan budidaya Tanaman sayuran Organik ini bisa menghasilkan selain sebagai ketrampilan. Diharapkan bisa menjadi sumber penghasilan”. Jelasnya

Pola tanaman yang diberikan oleh para peserta merupakan tanaman yang menggunakan polybag, sehingga bisa memanfaatkan tanah pekarangan lingkungan rumah yang tidak dimanfaatkan. Dan untuk bisa memberikan manfaat kepada ibu-ibu yang banyak waktu luang. (manto.kalibagor/20/11/14)