DSC05092

Suratmi Tjiptadi (nomor 2 dari kanan) Ketua Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kalibagor bersama Ibu-ibu warga masyarakat Kalibagor sedang menanam perdana tanaman sayuran organik

Kalibagor (6/12/2014), Rintisan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Desa Kalibagor, ditandai dengan penanaman berbagai jenis sayuran hortikultura. Dilaksanakan pada hari sabtu (6/12/2014). Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Suwarso Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kalibagor, Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor, Suratmi Ketua tim Penggerak PKK Desa Kalibagor dan diikuti oleh 20 warga masyarakat yang mayoritas Ibu rumah tangga. Rintisan ini merupakan tindak lanjut dari bantuan program desa vokasi yang bekerja sama dengan Sanggar Kegiatan Kalibagor.

Seperti yang sudah diberitakan dirubrik tilik kampung pekan yang lalu (24/11/14), bahwa Desa Kalibagor mendapatkan bantuan program Desa Vokasi yang bekerjasama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kalibagor. Peserta pelatihan sudah dibekali pengetahuan dan ketrampilan tentang sistem pembuatan media tanam, cara menyemai bibit, cara tanam dan lainnya.

“Desa Vokasi sebagai rintisan kawasan rumah pangan lestari (KRPL), dana yang untuk kegiatan ini merupakan dana yang diperoleh dari Dirjen Pendidikan Pusat, untuk kegiatan budidaya tanaman sayuran organik, khususnya di desa Kalibagor yang mendapat bantuan program desa vokasi. Kita dukung sama-sama semoga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain”. disampaikan oleh Suwarso Kepala SKB Kalibagor

Dijelaskan juga ” Bahwa program budidaya tanaman sayuran organik ini untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang masih kosong, dengan penanaman sistem polibag. Juga untuk menggerakkan ibu rumah tangga untuk bisa mengisi kegiatan dengan cara menanam sayuran organik di polibag. Selain dikonsumsi sendiri paling tidak harapan kedepan untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat”.

Kepala Desa Kalibagor Tjiptadi menyampaikan “Kami dari pemerintah desa sangat berbangga dengan adanya kegiatan ini, sehingga bisa membuat warga masyarakat menjadi tahu ketrampilan budidaya tanaman sayuran organik. Nantinya selain dikonsumsi sendiri, kami harapkan untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Paling tidak bisa mengurangi belanja bumbu masak maupun sayuran.Kami akan menindaklanjuti kepada warga masyarakat desa kalibagor, juga untuk bisa mengikuti kegiatan seperti ini”.

“Untuk kelanjutannya kami akan berusaha untuk selalu bekerja sama terus dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kalibagor juga PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) desa kalibagor, dan nara sumber yang sekarang sudah mendampingi mulai dari awal pelatihan. Kita akan memantau terus perkembangan kegiatan ini melalui kadus diwilayahnya. Kegiatan ini kita publikasikan kepada masyarakat Kalibagor, juga masyarakat luas melalui website www.kalibagor.desa.id yang sebagai portal desa dan sarana informasi desa kalibagor melaui media internet”. jelasnya.

Rintisan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

Rintisan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) kedepan akan dijadikan salah satu pusat pembibitan dan penanaman sekaligus sebagai pusat untuk penjualan bibit tanaman sayuran, selain untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah. Sekarang sudah dimulai dari hasil pelatihan budidaya tanaman sayuran organik dan sekaligus untuk menunjukkan program desa vokasinya berjalan.

Disela-sela penanaman perdana tanaman sayuran organik, Suratmi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kalibagor menyampaikan “Dalam rangka penanaman tanaman sayuran organik dan rintisan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini diharapkan ibu-ibu jangan hanya sekarang saja mau melaksanakan kegiatan seperti ini, tetapi nantinya setelah ini harus bisa menanam dirumah sendiri-sendiri. Nanti kita dari PKK Desa Kalibagor akan mensosialisasikan kepada ibu-ibu yang lain untuk ikut serta melaksanakan kegiatan seperti ini di rumah masing-masing dan bisa belajar dikelompok ini”.

Peserta Pelatihan Yinit Prihatin warga RT 02 RW 04 Desa Kalibagor saat ditemui menyampaikan “Selama mengikuti kegiatan pelatihan kita bisa mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, terutama dibidang tanaman sayuran, budidaya tanaman sayuran selain kita bekerja kelompok, saya pribadi juga akan menanam dirumah sendiri dengan menggunakan polibag. Dan akan ikut membantu suport ibu ibu yang belum ikut, untuk bisa bergabung dalam kegiatan seperti ini”.

sama halnya dengan peserta lain “Dengan sudah dilatih saya akan mencoba terus mengembangkan budidaya sayuran organik, selain dikelompok juga akan menanam sendiri dirumah. Yang dari awal sudah dilatih cara pembuatan media tanam dan sekarang sudah mulai menanam sayuran organik. semoga ini bisa bermanfaat dan diikuti oleh ibu-ibu yang lain”. disampaikan oleh Sugianti warga RT 05 RW 04 Desa Kalibagor

“Orientasi kedepan untuk budidaya tanaman sayuran organik adalah kearah produktif, dan akan dilakukan pembinaan terus kepada kelompok secara rutin dan masing-masing rumah tangga. Untuk Rumah tangga paling tidak menimal mempunyai 20-25 polibag tanaman sayuran. Untuk jumlah polibag apabila rumah tangga untuk bisa menjual paling tidak mempunyai 10 polibag untuk satu jenis tanaman”. disampaikan oleh Salimin nara sumber sekaligus pendamping kelompok.

Sugiono pendamping dan nara sumber pelatihan menyampaikan “Rintisan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang diawali dari bantuan program desa vokasi, juga sudah melatih sebanyak 20 warga kalibagor, kedepan setelah penanaman perdana tanaman sayuran organik kita akan terus mendampingi para peserta juga warga lain yang mau ikut bergabung dalam rangka untuk meningkatkan kegiatan program desa vokasi ini. Kita sediakan lahan di wilayah RT 02 RW 04 Desa Kalibagor untuk kelompok wanita tani dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan. Lahan tersebut nantinya akan dijadikan pusat jual beli bibit sayuran organik Desa Kalibagor”. (@mantoxbagor)