2

“Kecamatan kalibagor akan mengikuti kegiatan Exstravagansa yang akan dilksanakan pada hari minggu tanggal 27 April 2014 di Purwokerto.  Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke 432 di Tahun 2014” disampaikan oleh Mulyono Staf Kecamatan Kalibagor.

Mulyono menyampaikan “bahwa untuk kegiatan ini merupakan agenda  Kegiatan tingkat Kabupaten Banyumas yang mana untuk Kecamatan Kalibagor ikut berpartisipasi dalam kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Banyumas yang ke 432 ini, dengan mengikuti kegiatan Exstravagansa yang akan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 27 April 2014  star dari bioskop Rajawali dan finis di Sawangan. Untuk Kecamatan Kalibagor mendapatkan nomor urut  star 7 (tujuh) dalam keberangkatannya”

“Rencana untuk Kecamatan Kalibagor akan mengirimkan kegiatan Exstravagansa dengan peserta lebih kurang 100 peserta. Diantaranya  dari  para Kepala Desa se Wilayah Kecamatan Kalibagor ada 12 Kades yang akan menggunakan pakaian beskap/pakaian adat jawa. Pemeran Barong ada 20 orang, Pemeran Buta ada 10 orang, Ebeg ada 12 orang, Niaga / Pangrawit tabuh ada 12 orang, pasukan spanduk 4 orang, tim kreaatif 10 orang, keamanan 4 orang dan Peserta Tari Payung ada 21 orang” Disampaikan oleh Mulyono Staff Kecamatan Kalibagor.

“Ada istimewanya bahwa untuk Tari Payung ini merupakan Payung dari kertas asli kreasi atau buatan Warga Kalibagor, sehingga kita menggunakan Payung Kertas Kalibagor ini untuk memunculkan potensi yang ada di wilayah Desa Kalibagor untuk kegiatan exstravagansa, Desa Kalibagor yang terkenal dengan banyak pengrajin payung kertas. Untuk yang melukis payungnya juga warga dari Desa Kalibagor itu sendiri“ disampaikan Tjiptadi Kades Kalibagor.

Payung Kertas Kalibagor

Payung Kertas Kalibagor

Pasukan penari payung ini kita ambil dari siswa-siswi dari SMK N Kalibagor dan SKB Kalibagor, yang mana sudah kita persiapkan lebih dini untuk latihan tari payung. Latihannya kita adakan di SKB Kalibagor. Kegiatan ini juga didukung oleh Pegiat Gerakan Desa Membangun yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Exstravagansa yang rencananya akan menyiarkan langsung lewat streaming khususnya untuk Peserta dari Kecamatan Kalibagor” kata Mulyono Staf Kecamatan Kalibagor. (mto/23/4/14)