Pondasi Untuk Water Torn

Pondasi Untuk Water Torn

Di Desa Kalibagor tepatnya di RT 006 RW 003 Grumbul Asinan dengan antusias masyarakat bisa membuat sumur bor dengan diawali swadaya masyarakat. Sehigga bisa mendapatkan air bersih dan layak dikonsumsi yang setiap musim kemarau krisis air.

Pemasangan Water Torn

Pemasangan Water Torn

Desa Kalibagor khususnya diwilayah bagian selatan krisis dengan air bersih, sehingga masyarakat sangat kekurangan dengan air bersih unutk kebutuhan sehari-hari. Seperti halnya di daerah grumbul Watu Gede, Asinan ini merupakan daerah di dataran tinggi. Air PDAM sudah ada jaringan tetapi airnya sangat minim mengalirnya, bahkan terkadang hanya malam hari baru bisa keluar airnya.

Sungguh sangat ironis padahal daerah dekat dengan penampungan air PDAM yang berada di dekat SMK Politeknik Kalibagor, tetapi untuk jaringan airnya mengambil dari Penampungan PDAM yang ada di Sokaraja. Sehingga warga yang mau memasang PAM juga sangat kesulitan, khususnya di Kalibagor wilayah selatan.

Saat ditemui Tokoh Masyarakat Desa Kalibagor mengatakan : “Kami selaku dari tokoh masyarakat khususnya di RT 06 RW 03 Grumbul Asinan sudah berulang kali mengajukan permohonan jaringan  PDAM  ke PDAM purwokerto sampai sekarang tidak ada respon sedikitpun, dan kami sudah mencoba semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan jaringan PDAM untuk diwilayah kami, padahal waktu itu ada sekitar 30 warga yang sudah siap mendaftar atau mengajukan pemasangan PAM ke rumah masing-masing, sudah pernah dicek dan ditinjau tapi tidak ada tindak lanjutnya, padahal warga sudah siap mau membayar tidak ngutang” disampaikan oleh Wabichun (47).

Dikatakan oleh Wabichun (47) “dengan susahnya memohon pemasangan jaringan PDAM, maka kami dengan warga membuat inisiatif dengan cara mengebor dengan swadaya masyarakat. Awal kita mengebor memakan biaya  yang sangat besar. Untuk mengebor saja per meter Rp. 200.000,- x 80 m kedalaman belum lagi untuk jaringan ke rumah-rumah. Setelah itu mengajukan permohonan bantuan ke kabupaten, dana turun sebesar Rp. 10.000.000,- untuk pembangunan jaringan dan Water Torn”

Kondisi terang sekarang seperti saat ini memang dimana-mana kendala dengan air bersih terutama di daerah pegunungan, untuk di wilayah Desa Kalibagor seperti di RT 006 RW 003 Desa Kalibagor sudah berhasil dengan cara swadaya masyarakat, sehingga bisa tercapai sarana air bersih, yang sekarang sudah dinikmati oleh masyarakat disekitarnya.

“untuk Wilayah Kadus IV memang kalau terang sangat susah dengan sarana air bersih, padahal air merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, yang Alhamdulilah dengan antusiasnya masyarakat dengan berswadaya, sehingga di wilayah RT 006 RW 003 Desa Kalibagor bisa berhasil membuat sumur bor dengan kedalaman 80 m, yang sekarang sudah disalurkan sampai 30 KK dengan menggunakan pompa Submersible, sehingga airnya sangat lancar mengalirnya, untuk jaringannya dibuatkan meteran tiap KK sehingga bisa mengukur berapa banyak air yang diambil, hal ini untuk menentukan jumlah rupiah yang di bayarkan kepada pengurus, yang nantinya juga untuk perawatan sarana air bersih tersebut” disampaikan oleh Manto (37) Kadus IV Desa Kalibagor