Peserta Program Kuliah Kerja Nyata Universitas Jenderal Soedirman (KKN Unsoed) 2021 melakukan pemantauan pada warga Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, yang tengah isolasi mandiri (Isoman). Pemantauan dilakukan melalui media telepon maupun aplikasi percakapan online. Kegiatan ini sangat membantu para warga yang tengah melakukan isolasi mandiri.

Umumnya para warga desa yang melakukan isolasi mandiri mengalami kebingungan karena belum mendapatkan informasi yang cukup tentang penanganan Covid-19. Setelah menlakukan tes swap antigen dari Puskesmas dan hasilnya positif, warga yang tidak menunjukkan gejala klinis yang mengkhawatirkan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Saat isolasi mandiri, mereka diminta untuk tidak keluar rumah dan kontak erat dengan keluarga maupun tetangga. Pengetahuan warga tentang tindakan dan perlakukan yang harus dilakukan selama menjalankan isolasi mandiri sangat minim. Mereka biasanya mencari informasi secara mandiri dari teman, tetangga, maupun internet.

Kegiatan pemantauan banyak membantu warga Isoman mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Warga berkonsultasi tentang kondisi kesehatan, asupan makanan, nutrisi dan vitamin, maupun tindakan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Bahkan, tak sedikit dari mereka menyampaikan keluhan selama menjalani Isoman.

Berkaca dari hasil pemantauan, KKN Unsoed 2021 bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kalibagor dan Satgas Covid-19 Desa Kalibagor mengembangkan layanan Pusat Informasi Covid-19 dalam website desa https://kalibagor.desa.id/covid19/ sebagai pusat rujukan informasi warga desa.

“Layanan ini berisi panduan/tutorial, layanan, dan kontak yang dapat dihubungi oleh warga terkait dengan program dan layanan penanganan pandemi Covid-19 di Desa Kalibagor,” jelas Sumanto, Sekretaris Desa Kalibagor.

Meski sudah berjalan sejak awal 2020, Keberadaan Satuan Tugas Relawan Desa Aman Covid-19 Desa Kalibagor resmi ditetapkan melalui Peraturan Kepala Desa Kalibagor Nomor 16 tahun 2021 tertanggal 25 Februari 2021.

Satgas Covid-19 Desa Kalibagor bertugas untuk (1) melakukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu dan sinergis terkait penanganan pandemi covid-19; (2) mendisiplinkan masyarakat untuk penerapan Protokol Covid 19; dan (3) melakukan pemantauan wilayah untuk mengukur tingkat penularan Covid 19.

Sutinah I1F020009