Kalibagor, (04/07/2019) Tim Program Inovasi Desa (TPID) tingkat Kecamatan Kalibagor melakukan Identifikasi Wisata Taman Wisata Lorong Blothong, yang merupakan usulan Inovasi Desa Kalibagor pada hari Kamis (3/7/2019) di Obyek Wisata Taman wisata Lorong Blothong Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor.

Kunjungan Tim ini bertujuan menggali gagasan Inovasi Desa untuk dapat dikembangkan dalam mendorong pendapatan ekonomi masyarakat melalui obyek wisata yang dikembangkan. Dalam kujungan ke obyek wisata TPID didampingi oleh Kepala Desa Kalibagor, Pendamping Desa Kecamatan Kalibagor untuk melihat kondisi obyek wisata yang diusulkan sebagai salah satu Inovasi Desa Kalibagor.

Tim TPID yang beranggotakan 6 (enam) anggota, selaku koordinator Ngadimin Nurhidayat menyampaikan “bahwa maksud dan tujuan TimTPID melakukan identifikasi di obyek wisata taman lorong blothong kalibagor adalah untuk menggali atau mengidentifikasi Inovasi-inovasi yang ada di desa nantinya akan ditulis dalam sebuah dokumen pembelajaran dan kemudian dikemas dalam sebuah kegiatan yang bernama Bursa Inovasi desa”.

“Program Inovasi Desa (PID) sesuai amanat UU nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, harus digali gagasannya agar mampu mengangkat potensi – potensi yang ada di desa. Tim Program Inovasi Desa ini berharap untuk bisa  mengangkat potensi – potensi desa yang selama ini kurang diperhatikan, sehingga pengembangan usaha warga dapat lebih ditingkatkan” ujarnya.

Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor, berharap dengan adanya kunjungan dari Tim Progam Inovasi Desa ini semoga bisa untuk menggugah sekaligus memberikan semangat kepada para pengelola potensi desa.

Teguh salah sati Pendamping Desa yang ikut dalam Tim PID mengatakan “PID merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas”.

“Program ini tentunya untuk memancing kreatifitas desa dalam menyelesaikan tantangan dan masalah yang dihadapi desa dan sekaligus mengangkat berbagai inovasi desa ketingkat yang lebih tinggi dapat berlangsung dengan baik.” Ujarnya.

Dalam Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini nantinya Desa-Desa akan dikumpulkan dalam satu Kecamatan atau antar Kecamatan untuk masing masing Desa melihat inovasi yang ada di desa sendiri ataupun inovasi yang ada di desa  lain.

Tim PID setelah melihat inovasi-inovasi tersebut bisa terjadi pertukaran inovasi yang dapat di tiru atau di replikasi oleh masing masing desa dan kemudian bisa dimasukan dalam APBDes.

Hasil Identifikasi dari Tim TPID

Wisata Lorong Blothong merupakan Wisata Cagar Budaya yang memanfaatkan bangunan dari Pabrik Gula Kalibagor Bekas Jaman Belanda yang  bisa digunakan untuk wisata edukasi untuk masyarakat terutama anak-anak di masa sekarang tentang adanya Cagar Budaya atau Warisan Sejarah.

Hasil identifikasi dari Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Kalibagor yang di sampaikan oleh Bapak Ngadimin mengatakan “bahwa Taman Wisata Lorong Blotong sudah cukup baik dan bisa dijadikan sebagai potensi unggulan inovasi desa untuk Desa Kalibagor”.

“Namun begitu masih diperlukan pengembangan lebih lanjut untuk kemajuan Lorong Blothong tersebut seperti penambahan pepohonan yang lebih rindang untuk kenyamanan pengunjung,  menambah jumlah Sarana  Permainan untuk anak-anak”tegasnya.

Penulis : TEGUH

Editor : MANTO