Mencuci tangan dengan benar merupakan cara efektif untuk mencegah penyakit yang disebabkan infeksi kuman dan virus. Upaya ini acapkali terdengar sepele, namun terbukti mampu mencegah infeksi, seperti diare, cacingan, pilek, meningitis, hepatitis, hingga COVID-19. Karena itu, pastikan keluarga Anda mampu melakukan cuci tangan dengan benar.

Kementerian Kesehatan memberi panduan enam (6) langkah cuci tangan. Pastikan Anda dan keluarga sudah membasahi tangan dengan air mengalir. Hindari mencuci tangan dengan air yang sudah didiamkan dalam wadah karena umumnya sudah terkontaminasi oleh bakteri. Selanjutnya, tuangkan 1-2 pompa sabun cuci tangan untuk menghasilkan busa yang cukup. Lalu, lanjutkan dengan 6 langkah berikut:

1. Gosok Telapak dengan Telapak
Bagian telapak tangan bisa jadi mengandung banyak kuman dan bakteri. Saat Anda berkeringat, keringat bisa berkumpul di telapak tangan. Apabila hal itu dibiarkan, maka bakteri atau kuman yang menempel dapat berkembang biak. Telapak tangan juga adalah bagian utama yang bersentuhan dengan benda dan sumber kotoran. Saling gosokan telapak tangan yang satu dengan telapak tangan lainnya untuk menghilangkan bakteri.

2. Gosok Telapak Kanan di Atas Punggung Tangan Kiri dan Sebaliknya
Punggung tangan juga berpotensi menyimpan kuman dan kotoran. Oleh karena itu, membersihkan punggung tangan juga tak boleh dilewatkan saat Anda sedang mencuci tangan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggosok punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan. Sebaliknya, punggung tangan kanan dibersihkan dengan cara digosok menggunakan telapak tangan kiri.

3. Gosok Telapak dan Telapak dengan Jari Saling Terkait
Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kotoran atau bakteri yang ada di sela-sela jari. Rapatkan kedua telapak tangan, lalu saling kaitkan jari layaknya orang tengah berdoa. Selanjutnya, saling gosok sela-sela jari tersebut.

4. Putar Punggung Jari di Atas Telapak
Langkah ini memastikan agar bagian punggung jari juga ikut dibersihkan dan dapat terkena busa sabun secara maksimal. Pada langkah ini, Anda hanya perlu meletakkan punggung jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri dengan posisi saling mengunci. Selanjutnya, putar-putarkan punggung jari tersebut di atas telapak tangan. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebaliknya.

5. Jempol Kanan Digosok Memutar oleh Telapak Kiri dan Sebaliknya
Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa kuman dan kotoran yang ada di sekeliling jempol ikut terbilas. Sela-sela jempol adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan benda asing, sehingga tak boleh luput untuk ikut dibersihkan. Cara melakukan langkah ini adalah dengan menggenggam jempol kiri menggunakan telapak tangan kanan. Gosok memutar selama beberapa kali, lalu lakukan untuk tangan sebaliknya. Yakni giliran jempol kanan yang digosok memutar menggunakan telapak tangan kiri.

6. Kuncupkan Jari dan Putar di Atas Telapak Tangan

Pada tangan, kuku jari juga menjadi salah satu bagian yang rawan menjadi sarang kuman. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya saat sedang mencuci tangan. Caranya, kuncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putar selama beberapa kali. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebaliknya. Langkah cuci tangan yang bermanfaat membersihkan daerah kuku ini tentu akan semakin efektif jika kuku berada dalam kondisi pendek dan rajin dipotong.

Setelah semua langkah cuci tangan tersebut sudah rampung dilakukan dan seluruh bagian tangan sudah digosok bersih, saatnya membilas kembali sisa sabun dengan air mengalir. Bilas tangan hingga tak ada busa sabun cuci tangan yang tersisa. Lalu, keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu kering. Agar higienitas tangan tetap terjaga, matikan keran dengan siku tangan atau handuk agar kuman yang menempel di keran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Sutinah I1F020009