DSC02243

Kalibagor, Tim Fasilitator Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MD) Kecamatan Kalibagor beserta KPMD, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Pekerja Dan Warga Masyarakat Grumbul jengkonang dalam kegiatan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban 40%, pada Hari Rabu 20 Mei 2014 di Balai Pertemuan RW 02 Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor.

Musyawarah Desa (Musdes) Pertanggungjawaban 40% ini merupakan bentuk ke transparan penggunaan dana yang disampaikan Tim Pelaskana Kegiatan (TPK) PNPM-MD Desa Kalibagor kepada masyarakat, yang penggunaannya untuk meleksanakan kegiatan Sarpras pembuatan Talud dan Gorong-gorong.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Kalibagor menyampaikan dalam sambutannya: “bahwa untuk kegiatan proyek Sarana Prasarana pembangunan Talud dan Gorong-gorong di grumbul Jengkonang sudah mencapai 80%, walaupun pada musdes ini merupakan musdes 40%, bersyukur bahwa untuk pelaksanaan pembangunan ini kita bisa lebih dulu memulai pengerjaannya walaupun dana yang dari PNPM-MD ini belum turun. Bahwa untuk Sarpras Talud dan Gorong-gorong Jengkonang Desa Kalibagor mendapat bantuan sebesar Rp. 51.917.500,- (Lima Puluh Satu Juta Sembilan Ratus Tujuh Belas Ribu Lima Ratus Rupiah)

Agus Biramanto Fasilitator Kecamatan (FK) menyampaikan “seluruh warga masyarakat berhak mengetahui seberapa besar program Sarana Prasarana yang sudah dilaksanakan baik pelaksanaan kegiatan maupun anggaran yang sudah dipakai. Musdes pertanggungjawaban 40% ini merupakan untuk penyampaian hasil kegiatan penggunaan dana untuk bisa di ketahui oleh warga masyarakat seberapa besar anggaran yang sudah dipakai. Setelah diadakannya Musdes pertanggungjawaban yang 40%, maka TPK akan mengadakan Musdes ke-2 yaitu Musdes pertanggungjawaban yang 80%.

“Hasil dari Musdes pertanggungjawaban 40% di bacakan langsung oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) untuk rincian-rincian penggunaan dana yang untuk Sarpras Talud dan Gorong-gorong. Yang selanjutnya ditanggapi oleh peserta musyawarah untuk bisa dikoreksi dan diterima Pertanggungjawabannya. Masyarakat menerima/setuju atas pertanggungjawaban penggunaan dana yang 40%”. disampaikan oleh ketua TPK Desa Kalibagor.

TPK langsung membentuk Tim Pemeliharan Sarpras Talud dan Gorong-gorong sebanyak 3 (tiga ) orang, untuk perawatan setelah Pembangunan Talud dan Gorong-gorong selesai. Untuk Tim Pemelihara diantaranya adalah : Suparno RT 07 RW 02, Pujo Bronto RT 06 RW 02 dan Iksan RT 05 RW 02 Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor. (@mantoxbagor/05/14)