Kalibagor (10/02/19). Pemerintah Kecamatan Kalibagor ikut berpartisipasi dalam rangka rangkaian kegiatan hari jadi ke-488 Kabupaten Banyumas, dengan menggantikan Rombongan pembawa Replika Saka Sipanji di Desa Kaliori pada hari minggu (10/02/2019).

Boyongan Replika Saka Sipanji star mulai dari Pendopo Duplikat Sipanji Kecamatan Banyumas, yang di bawa rombongan dari Kecamatan Banyumas melalui Jalan Nasional menuju ke Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas di Purwokerto

Rombongan dari Kecamatan Kalibagor mengikutsertakan mulai dari Camat beserta stafnya, Koramil, Polsek Kepala Desa beserta Perangkatnya, dan semua Sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Kalibagor.

Estafet rombongan dari Kecamatan Banyumas sampai pada pukul 10.45 wib di Desa Kaliori, yang langsung bergantian dengan Rombongan Kecamatan Kalibagor. Pembawa Replika Saka Sipanji Camat Kalibagor, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa dan bergantian dengan para Kepala Dusun (Kadus) se wilayah Kecamatan Kalibagor.

Replika Saka Sipanji dibawa rombongan Kecamatan Kalibagor menuju Korem Sokaraja langsung diserahkan kepada Rombongan pembawa Replika Saka Sipanji dari Kecamatan Sokaraja, sampai pada pukul 12.00 wib. yang selanjutnya diteruskan menuju ke Purwokerto.

Gelar kirab “Boyongan Replika Saka Sipanji” sepanjang 16,4 km melalui jalur utama Banyumas-Purwokerto. Kirab tersebut digelar dalam rangka Hari Jadi Ke-448 Kabupaten Banyumas yang jatuh pada tanggal 22 Februari. Kirab dimulai pukul 09.30 WIB dari halaman Pendopo Duplikat Sipanji, Kecamatan Banyumas, menuju Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas di Purwokerto.

Kirab “Boyongan Replika Saka Sipanji” menggambarkan peristiwa pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang semula di Banyumas, pindah ke Purwokerto pada masa Pemerintahan Adipati Arya Sudjiman Gandasubrata (bupati ke-20) pada tahun 1937.

“Boyongan Replika Saka Sipanji” dilakukanĀ  secara estafet dengan berjalan kaki.”. Kirab “Boyongan Replika Saka Sipanji” dilaksanakan dengan cara sambatan atau “rengos”.