Kalibagor, (17/09/18). Pemerintah Desa Kalibagor Melaksanakan Musyawarah Pembangunan Desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa Tahun 2019 (Musrenbangdes RKP) Tahun 2019, pada Hari Senin 17 September 2018 di Pendopo Balai Desa Kalibagor.

Musrenbangdesa RKP Thun 2019 di hadiri oleh Tim Fasilitasi Kecamatan yang diketuai oleh Sutiarto selaku Sekcam Kalibagor, Kepala Desa Kalibagor, BPD, LPMD, serta peserta musyawarah dari unsur Ketua RW, RT, PKK Kader Posyandu, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat juga dari perwakilan sekolah yang ada di wiayah Desa Kalibagor.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2018 untuk penyusunan RKPDes Tahun 2019. Musrenbangdes yang sebelumnya sudah di proses melalui Musyawarah Dusun (MUSDUS) yang menampung usulan-usulan program kerja dari masing-masing wilayah RT/RW.

Hasil dari Musdus di rumus oleh Tim Perumus atau Tim 11 (sebelas). Penyusunan RKPDes 2019 dalam hal ini untuk anggota tim perumus sejumlah 11 orang. Tim 11 merumuskan kegiatan yang sudah diusulkan dalam Musdus untuk di bawa dalam penyusunan RKPdesa Tahun 2019.

Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor menyampaikan, “mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya kepada seluruh peserta musyawarah yang telah menyempatkan waktunya untuk bisa mengikuti Musrenbangdes RKPDesa Tahun 2019, yang sebelumnya sudah diawali dengan melaksanakan Musdus di wilayah masing-masing Kepala Dusun (Kadus).

“Usulan yang sudah disampaikan langsung dirumus oleh tim perumus yang namanya Tim 11 (sebelas) atau tim ganjil, untuk di buat Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) untuk tahun 2019. Semoga usulan-usulan yang sudah disampaikan oleh masing-masing yang mempunyai kepentingan, semoga bisa tercapainya Desa Kalibagor selangkah lebih maju” jelasnya.

Hasil Musrenbandes RKPDes tahun 2019 yang selanjutnya dituangkan dalam berita acara Musrenbangdes RKPDes tahun 2019 selajutnya dibuatkan Peraturan Desa Kalibagor tentang Rencana Kerja Pemerintahan Desa Tahun 2019 yang disahkan antara Pemeintahan Desa dan BPD Desa Kalibagor. Untuk dijadikan RKPDes tahun 2019.

Rencana Kerja Pemerintahan Desa Tahun 2019 apabila sudah disahkan, selanjutnya Pemerintahan Desa merumuskan untuk Rancangan APBDes tahun 2019. RKPDesa tahun 2019 sebagai alur pembuatan APBDes tahun 2019. (@mantoxbagor)