musrenbangdes

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANGDES) tahun 2016, pada hari Senin, 26 Januari 2015 di Pendopo Balai Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas, dihadiri oleh Camat Kalibagor, Lembaga Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Kalibagor

Kalibagor, (27/1/15), Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor diselenggarakan yang sudah dijadwalkan oleh Tim Kecamatan Kalibagor. Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 26 Januari 2015 di Pendopo Balai Desa Kalibagor, yang dihadiri oleh Sudarso Camat Kalibagor serta Tim dari Kecamatan Kalibagor, semua unsur lembaga desa, mulai dari BPD, LKMD, RW, RT, PKK, Posyandu, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor menyampaikan dalam sambutannya “Musyawarah Perencanaan Pembanguna Desa (MUSRENBANGDES) Desa Kalibagor kali ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Dusun (MUSDUS) di wilayah masing-masing KADUS. Juga yang sudah di Jadwalkan oleh Kecamatan Kalibagor. Usulah-usulan prioritas yang untuk Rencana Kerja Program (RKP) untuk tahun 2016 sudah di prioritaskan oleh masing-masing RW melalui Musdus.”

Dalam sambutannya Sudarso Camat Kalibagor menyampaikan “Musrenbangdes di wilayah Kecamatan Kalibagor baru kali ini ada desa yang pesertanya sangat maksimal dan antusias dalam Musrenbangdes, perwakilan dari berbagai lembaga yang ada di Desa Kalibagor. Dalam Musrenbangdes ini mari kita bersama-sama diskusi yang kaitannya dengan Rencana Kerja Program (RKP) Tahun 2016 untuk dasar Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes).”

“Pemerintah Kabupaten Banyumas mengalokasikan dana sebesar 900 juta untuk Kecamatan Kalibagor yang akan dibagikan 12 desa yang ada di Kecamatan Kalibagor. Sistem pembagiannya juga akan melihat kondisi dan wilayah desa tersebut. Untuk program pembangunan juga harus melihat prioritas usulan, sehingga untuk bisa mengetahui besar kecilnya anggaran yang akan diberikan di tiap-tiap desa. Baru kali ini ada usulan yang sangat lengkap dan bukan hanya yang diusulkan pembangunan fisik tetapi memang harus ada program usulan pembangunan non fisik yang akan bisa mensejahterakan perekonomian keluarga.” Jelasnya.

Slamet Riyanto Ketua BPD Kalibagor menyampaikan dalam sambutannya ”Musrenbangdes ini sudah melewati musdus di tiap-tiap kadus dan rw, yang mengusulkan Rencana Program Kerja yang diusulkan di tingkat Musrenbangdes yang sudah diprioritaskan oleh masing-masing RW. Setelah ini akan dilanjutkan ke Musrenbang Kecamatan Kalibagor. Pogram yang diusulkan dalam bentuk fisik maupun non fisik ini yang sangat diharapkan. Tahapan-tahapan ini sudah berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang ada.”

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Kalibagor tahun 2015, di pandu oleh Riswoto Ketua Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) yang dilanjutkan laporan-laporan oleh Sekretaris Desa Budi Santoso dan juga Kasi Pembangunan Parwati.

Dalam Laporannya Budi Santoso Sekdes Kalibagor menyampaikan Rencana Program Kerja (RKP) untuk tahu 2016 hasil dari prioritas usulan-usulan dari tiap-tiap RW. Untuk Laporan Pembangunan dilaporkan Oleh Parwati Kasi Pembangunan melaporkan tentang kegiatan Pembangunan di tahun 2014, baik pembangunan dalam bentuk fisik maupun non fisik juga anggaran yang diterima, meliputi dari bantuan pemerintah maupun berasal dari swadaya masyarakat.

Untuk tindak lanjut dari Musyawarah Rencana Pembangunan Desa ini akan di bawa ke tingkat Musrenbangdes tingkat Kecamatan. Yang akan dibawa merupakan prioritas usulan-usulan yang sudah disetujui di Musrenbangdes. Dan mewakili tim atau peserta Musrenbang di tingkat kecamatan Kalibagor. Ada empat orang perwakilan yang akan mewakili di tingkat Kecamatan diantaranya Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor, Muflih mewakili BPD, Suratmi Tjiptadi mewakili Ketua tim penggerak PKK, dan Sudaryati Tokoh perempuan/ Tim Penggerak PKK.