Kalibagor, Pada tanggal 25 Oktober 2013 Desa Kalibagor mengadakan Musyawarah Pembentukan BPD di Pendopo Balai Desa Kalibagor dipimpin oleh Pimpinan dan Seketaris Musyawarah yang dipilih dari Calon BPD dengan dipandu oleh Kepala Desa Kaibagor.

Dasar Pemilihan BPD Sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas No. 13 Tahun 2006 tentang  Badan Permusyawaratan Desa (BPD),  dan  Peraturan Bupati Banyumas Nomor 09 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan Penetapan Peresmian dn Pelantikan Badan Pemusyawaratan Desa.

Jumlah Anggota BPD Desa Kalibagor berdasarkan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 09 Tahun 2007 Pasal 2 Ayat 3 adalah 11 orang . Dalam Proses pembentukan BPD Desa Kalibagor dengan cara memilih Pimpinan dan sekretaris Musyawarah Pembentukan BPD yang langsung dapat diajukan menjadi anggota BPD, Peserta musyawarah pembentukan Anggota BPD dan Calon Anggota BPD Desa Kalibagor terdiri dari unsur Ketua RW, Golongan Profesi, Pemuka Agama dan Tokoh atau Pemuka Masyarakat lainnya yang secara proporsional terdiri dari :

  1. Wilayah RW I                      : 3 orang (1 orang unsur ketua RW, 2 orang unsur Golongan  Profesi /Tokoh masyarakat/Tokoh Agama.
  2. Wilayah RW II                    : 2 orang (2 orang Unsur Lembaga Desa)
  3. Wilayah RW III                   : 3 orang (1 orang Lembaga Desa, 2 orang Unsur Golongan Profesi/Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama)
  4. Wilayah RW IV                   : 3 orang (1 orang Unsur Ketua RW, 2 orang Unsur Golongan Profesi/Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama)
  5. Wilayah RW V                    : 3 orang (2 orang unsur Lembaga Desa, 1 oroang Unsur Golongan Profsi/Tokoh Masyarakat/Tokoh agama)
  6. Wilayah RW VI                   : 2 orang (2 orang Unsur Golongan Profesi/Tokoh Masyarakat/Tokoh Agaman)

Musyawarah pembentukan Angota BPD Desa Kalibagor dilaksanakan dengan musyawarah mufakat oleh peserta Musyawarah dan apabila tidak terjadi kemufakatan dalam pembentukan Anggota BPD maka akan dilaksanakan Pemungutan Suara oleh Peseta Musyawarah, ini diatur dalam Tata Tertib Pembentukan BPD Desa Kalibagor. Untuk Anggota BPD yang terpilih akan langsung diusulkan ke Bupati Banyumas untuk bisa ditetapkan.