payung kertas

payung kertas

 

Kalibagor, Desa Kalibagor banyak home industri yang dibuat langsung oleh masyarakat, seperti halnya payung kertas yang berada di Grumbul Asinan ada 6 Kepala Keluarga yang membuat payung kertas sampai sekarang. selain itu juga ada pembuatan Sujen (tusuk sate), Stick Drum band, karambol, dan tusuk es krim, yang kesemuanya itu banyak dibuat oleh warga masyarakat Desa Kalibagor sebagai home industri rumah tangga.

 

Suwardi sedang memotong bambu untuk gagang payung kertas

Suwardi sedang memotong bambu untuk gagang payung kertas

Suwardi (60) warga RT 05 RW 03 Grumbul Asinan Desa Kalibagor dengan gigih mempertahankan kerajinan payung yang digeluti sudah lama. “Membuat payung kertas merupakan kegiatan dirumah yang sudah lama dilakukan, untuk pemasaran kadang ada yang datang langsung kerumah, kalau tidak ya kita titikan ke toko” katanya.

Kerajinan payung kertas tidak banyak yang membuat karena perlu ketelatenan dan kesabaran baik dalam membuat maupun memasarkan. Untuk bahan payung sendiri dibuat dari bambu dan kertas semen. “Membuat payung kertas tidak maksimal karena terbentur dengan permodalan, pembuatan payung kertas sendiri dalam jangka waktu 2-3 hari paling dapat 1 kodi” kata Suwardi saat ditemui dirumahnya di RT 05 RW 03 Grumbul Asinan Desa Kalibagor. (Red.6/10)