Koleksi Payung Kertas Kalibagor

Koleksi Payung Kertas Kalibagor

Kalibagor, Pengrajin Payung Kertas Kalibagor diundang untuk berpartisipasi dalam workshop dan Pameran Payung Kertasnya di Festival Payung Indonesia. Pengrajin Payung Kalibagor akan menampilkan kreasi Payungnya berbagai jenis kreatifitas pengrajin Payung Kalibagor. Ada Payung Prah, Payung Kecil untuk tari, menur, susun dan lainnya.

Heru Prasetya Koordinator Program Festifal Payung Indonesia dalam surat undangannya “Festival Payung Indonesia (FPI) yang diselenggarakan oleh Mataya arts & heritage dan Pemerintah Kota Solo pertama kalinya diadakan pada tahun 2014. Dan pada tahun 2015 ini, FPI yang bersifat tahunan akan diselenggarakan pada 11-13 September 2015, di Taman Balekambang, Kota Solo, dengan tema ‘umbrella reborn’, payung lahir kembali dalam kebaruan artistik visual, dengan mengundang seniman-seniman payung dari mancanegara”

Program ini bertujuan untuk melestarikan kerajinan payung tradisional Indonesia yang kini terancam punah. Dengan harapan, memori kolektif masyarakat akan bangkit kembali untuk peduli dan memelihara keberlangsungan keberadaan payung tradisional sebagai warisan budaya nonbendawi bangsa Indonesia (Indonesian intangible heritage) serta meningkatkan daya kreativitas anak-anak dan remaja sebagai bagian dari proses pendidikan dalam mencintai warisan budayanya. jelasnya

Di ajang pameran Payung Indonesia, Payung Kertas Desa Kalibagor dan para pengrajin Payung seluruh Indonesia juga akan bersama sama berpartisipasi di Festival Payung Indonesia, yang akan memamerkan potensi kerajinan payung kertasnya, juga bisa menjual produknya serta melakukan workshop proses pembuatan payung. Selain dari Indonesia juga akan diundang Pengrajin Payung dari Mancanegara.

Pengrajin yang akan dikirim untuk Festifal Payung di Solo adalah Tarko (30) warga RT 03 RW 03 Desa Kalibagor, untuk memberikan workshop proses pembuatan payung kertas. Tarko merupakan pengrajin muda yang menekuni kerajinan Payung kertas mengikuti jejak orang tuanya. Tarko bersama orang tuanya sampai sekarang masih berkecimpung di dunia pembuatan payung Kertas.

festival payung

Pra Event Festival Payung Indonesia 2015 di Solo (Doc.pasangmata.com)