edit.1

Peserta Pelatihan Peningkatan Kemampuan (CAPACITY BUILDING) Petugas dan Pendamping Sosial Kecamatan Kalibagor yang diadakan oleh DINSOSNAKERTRANS Kabupaten Banyumas

Penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan pembangunan Nasional. Selain penanganan langsung oleh Pemerintah tetapi bisa langsung oleh perusahaan atau melibatkan masyarakat secara langsung yang dinamai kader Pekerja sosial masyarakat (PSM).

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Kecamatan Kalibagor mengadakan kegiatan Peningkatan Kemampuan (Capacity Building) kepada petugas dan Pendamping Sosial Pemberdayaan Fakir Miskin, Komunitas Adat Terpencil (KAT) dan PMKS Lainnya diwilayah Kecamatan Kalibagor. Acara yang berlangsung di Aula Unit Pendidikan kecamatan (UPK) Kalibagor, Kamis (27/11).

 Kegiatan Peningkatan Kemampuan (Capacity Building) Petugas dan Pendamping sosial yang diikuti sebanyak seratus orang. Peserta tediri dari unsur Perangkat Desa , Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tokoh Masyarakat, TKSK Kecamatan, Tokoh agama, Kader Posyandu dan Kader PKK di wilayah kecamatan Kalibagor. Kegiatan dilaksanakan sehari mulai dari pagi sampai sore.

“Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan yang diiukti oleh seratus peserta yang diwakili berbagai unsur ditiap Desa nantinya bisa mengimplemantiskan diwilayah desa masing-masing. Kegiatan ini salah satu kegiatan yang diadakan oleh Dinsosnakertrans sebagai Peningkatan Kemampuan (Capacity building) Petugas dan Pendamping Sosial Kecamatan Kalibagor”. disampaikan Wiharyono Sekcam Kalibagor dalam sambutannya “

 Menambah Bekal Pengetahuan dan Ketrampilan

“Ada dua puluh enam tentang masalah PMKS ( Penyandang Permasalahan Kesejahteraan Sosial). Tujuan dari pada kegiatan ini untuk peningkatan kemampuang bagi para pendamping sosial. Yang akan ikut membantu dalam mengatasi berbagai macam permasalahan di lingkungan, baik itu kenakalan remaja maupun permasalahan rumah tangga. Apabila permasalahan dilingkungan tidak bisa dipecahakan, bisa menghubungi LK3 untuk membantu memecahkan permasalahan”. Disampaikan oleh Budiarti, nara sumber dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Purwokerto.

Kegiatan ini sendiri dianggap penting sebagai upaya meningkatkan kemampuan (capacity building) bagi potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS) yang ada di Kecamatan kalibagor. “Melalui kegiatan ini, maka diharapkan dapat menambah bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai sebagai pekerja sosial yang handal dan unggul sebagai petugas dan pendamping dalam pemberdayaan fakir miskin, penyandang cacat, ketunaan, keterlantaran, korban bencana alam maupun PMKS lainnya,” disampaikan oleh wakil dari dinsosnakertrans Kabupaten Banyumas.

Nara sumber kegiatan Peningkatan kemampuan (Capacity building) diisi oleh tiga nara sumber, jam pertama diisi oleh Budiarti dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), materi kedua diisi oleh ibu Estiningrum, sh, hum (Staf Pengajar FH UNWIKU) tentang Pengertian PMKS (Penyandang Permasalahan Kesejahteraan Sosial) dan materi ketiga diisi oleh Dwi Sucipto, S.ST, MM dari Balai Rehabilitasi sosial “Budhi Sakti” Banyumas tentang Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan sosial (PMKS) sistem Balai .