Kalibagor (06/05/2014),  Windya Yuspianti Fasilitator Teknik (FT) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MD) Kecamatan Kalibagor beserta TPK Desa Kalibagor, KPMD Desa Kalibagor, Kadus II Desa Kalibagor dan pekerja Sarpras pembuatan Talud sedang melaksanakan Trial sekaligus pelaksanaan pengerjaan Talud pada hari Senin tanggal 5 Mei 2014 di wilayah RW II Grumbul Jengkonang Desa kalibagor.

 

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MD) untuk tahun 2014 ini yang mendapat giliran Sarana Prasarana (Sarpras) di wilayah atau lokasi RW II Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor. Jenis Kegiatan meliputi pembuatan Talud Jalan dengan panjang 217 m x 0,42 m dan Gorong-gorong 1 unit.

Dalam Trialnya Windya Yuspianti Fasilitator Teknik (FT) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MD) Kecamatan kalibagor, memandu langsung tata cara pengerjaan Pembuatan Boplang dan profil sesuai dengan gambar di RAB yang dikerjakan langsung oleh para pekerja Sarpras.

Proses Pencampuran Adukan Oleh Pekerja

Windya Yuspianti menjelaskan “ bahwa untuk pelaksanaan trial pembuatan Talud dan Gorong-gorong harus sesuai ukuran apa yang ada di gambar RAB Pembuatan Talud, baik penggalian tanah untuk taludnya maupun pemasangan profilnya, juga untuk campuran adukan juga harus sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan”.

“Untuk bantuan Sarpras pembuatan Talud dan Gorong-gorong di RW II ini mendapat alokasi dana sebesar Rp. 51.917.500,- dengan ditambah swadaya masyarakat RW II sebesar Rp. 1.500.000,- yang sudah diterimakan langsung kepada TPK pada hari kamis tanggal 1 Mei 2014 pada saat pembahasan persiapan pelaksanaan pekerjaan Talud dan sekaligus pemantapan untuk tenaga kerjanya” disampaikan oleh Manto (38) ketua TPK Desa Kalibagor.

“Untuk Pelaksanaan Sarana Prasarana (Sarpras) di Grumbul Jengkonang RW II Desa Kalibagor untuk pelaksanaan selama 90 hari. Yang kemungkinan kurang dari target yang ditentukan, dikarenakan masyarakat di RW II ini sangat antusias melaksanakan kegiatan pengerjaan ini, terbukti yang dari awal sudah mempersiapkan dengan matang, sehingga pas pelaksanaan pengerjaan sudah siap, baik matrial maupun tempat atau lokasi yang dikerjakan” dijelaskan oleh ketua TPK Desa Kalibagor. (mto/6/5/2014)