Satlinmas Desa Kalibagor setelah Pembinaan dan Pelatihan Foto Bersama

Kalibagor, Pemerintah Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor mengadakan Pembinaan dan Pelatihan Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) yang diwakili oleh Linmas di tiap-tiap RT se wilayah Desa Kalibagor, pelatihan dilaksanakan sehari di Pendopo Balai Desa Kalibagor pada hari selasa (22/11/16).

Pembinaan dan Pelatihan Satlinmas dengan peserta dari tiap-tiap RT di wilyah Desa Kalibagor, hadir dalam kegiatan tersebut Wiharyono sekcam Kalibagor, Babinsa Koramil Kalibagor, Babinkamtibmas Polsek Kalibagor, dan Kasi Trantib Kecamatan Kalibagor.

Pelatihan dengan nara sumber Tarsono Satpol PP Kecamatan Kalibagor, Sugito Komandan Pleton (Danton) Linmas Kecamatan Kalibagor, Sukendar Babinsa Kalibagor dan Mufid dari Babinkamtibmas Polsek Kalibagor.

Tarsono Satpol PP Kecamatan Kalibagor menyampaikan “Dalam pembinaan Linmas ini sudah dilaksanakan di beberapa desa di wilayah Kecamatan Kalibagor, yang pertama agar Satlinmas itu bisa mengetahui jati dirinya sesuai dengan permendagri Nomor 84 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

“Bahwa di dalam Pasal 9 Satlinmas mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi untuk membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan social kemasyarakatan. Yang utama dalam peran serta untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi atau mencegah gangguan-gangguan ketentraman atau mungkin bencana yang timbul di wilayah desa”. Jelasnya.

Kepala Desa Kalibagor Tjiptadi mengatakan “dengan adanya pelatihan atau pembinaan Linmas ini melatih kepada Linmas biar mempunyai rasa disiplin, saling anggarbeni dan gerakan baris berbaris yang perlu dipahami dalam satuan Linmas Desa ini. Dengan adanya Pelatihan dan sekaligus pembinaan, sehingga tidak akan canggung dimasyarakat nanti”.

“Karena keutuhan linmas dimasyarakat sangat diperlukan masyarakat. Pelatihan ini tidak akan cukup satu kali, sehingga pemerintah desa akan menindaklanjuti pelatihan ini kembali. Sehingga Desa Kalibagor mempunyai Linmas yang sudah terdidik dan dilatih dan betul – betul mempunyai jiwa sosial untuk membantu keamanan dan ketertiban di masyarakat. Diharapkan ikhlas dalam melaksanakan tugas sosial di masyarakat”. Ujarnya.

Sukendar Babinsa Koramil Kalibagor menyampaikan bahwa “Babinsa Kecamatan Kalibagor sangat mengapresiasikan sekali dalam pembinaan dan pelatihan Linmas yang ada di Desa Kalibagor. Yang intinya dengan keberadaan Linmas ini sangat berarti dan sangat membantu pemerintah Desa yang ada dilingkungan masing – masing RT. Yang akan selalu membantu kondisi sosial entah bencana alam, pencurian ataupun yang lain terutama yang kaitannya dengan kondisi sosial.

Salah satu Peserta juga sekaligus Danton Linmas Desa Kalibagor Irtisom “kami sangat senang selaku Satlinmas yang ada di Desa Kalibagor dengan diadakannya pembinaan Satlinmas, sehingga bisa mengenal lebih dekat apa itu tugas Linmas sekaligus pembinaan yang sangat berarti bagi kami Linmas Desa, yang nantinya bisa diterapkan di wilayah masing-masing RT. Dalam pembinaan Linmas ini kami diberi ilmu tentang penanggulangan bencana, pengamanan lingkungan. dan praktek langsung baris berbaris.

Kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Satlinmas ini merupakan salah satu kegiatan agenda Desa Kalibagor yang dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi diantara anggota Linmas, sekaligus untuk member bekal apa itu tugas dan fungsi Linmas yang ada di desa. (manto)