Kalibagor (16/02/21),Pemerintah Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bangun usaha Pertashop untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa Kalibagor dan menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) Kalibagor.

Pertashop dibangun yang berlokasi di jalan Suwardjono Desa Kalibagor,  merupakan jalur alternatif yang ramai. Usaha Pertashop di buka oleh Ir. Achmad Husein Bupati Banyumas  pada hari selasa (16/2/21).

Hadir dalam pembukaan Pertashop Desa Kalibagor, Ir. Achmad Husein Bupati Banyumas, Dr Jebul Suroso Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Sales Branch Manager Pertamina Rayon IV Cilacap, Direktur CV.Insan Madani Energi, Camat Kalibagor, Kapolsek Kalibagor, Danramil Kalibagor, Kepala Desa Kalibagor, Direktur Bumdes Kusuma Mukti, Perbankan serta Lembaga Desa dan tokoh Masyarakat.

Pertashop salah satu unit usaha untuk meningkatkan perekonomian pedesaan dan menciptakan lapangan kerja baru. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) membangun Pertashop di Desa Kalibagor dan bermitra  dengan Bumdes Kusuma Mukti Desa Kalibagor, melalui program kemitraan.

Bupati Banyumas Achmad Husein yang meresemikan operasinya Pertashop menyambut baik kehadiran Pertashop di Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, karena akan menyerap tenaga kerja.

“Untuk Pertashopnya sendiri bisa menyerap minimal tiga atau lima tenaga kerja. Belum lagi tenaga kerja untuk cucian kendaraan bermotor, kafe, dan mungkin usaha pembuatan makanan siap saji untuk dijual di kafe,” kata Achmad Husein.

H Umar AR selaku Direktur CV Insan Madani Energi “pembangunan Pertashop yang dilakukan atas kerja sama CV Insan Madani Energi dan PT Pertamina (Persero) yang bermitra dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Kusuma Mukti” Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor.

“Pertashop ini dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti kafe, layanan perbankan, tempat mencuci sepeda motor, Musholla, dan toilet” katanya dalam sambutan pada pembukaan Pertashop.

Dr Jebul Suroso Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyatakan, “usaha tersebut pertama adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan kedua baru merupakan aspek bisnis. Kita berharap banyak kemanfaatan yang bisa dipetik oleh masyarakat sekitar dan syiar kita juga semakin kuat.

 “Dipilihnya lokasi di Desa Kalibagor, karena desa tersebut letaknya cukup strategis, dilalui jalur alternatif yang cukup ramai. Sehingga ke depan diharapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa semakin maju dan meningkat” katanya.

Andeka Sangtraga Hutapriya  selaku Sales Branch Manager Pertamina Rayon IV Cilacap, mengatakan, “pihaknya mentargetkan dalam tahun ini, setiap bulan adanya penambahan minimal 6 pertashop di wilayah kerjanya, yang meliputi Banyumas-Cilacap. Sebelumnya harus dilakukan survei lokasi dan perkembangan bisnis ke depannya, supaya pertashop tidak terbengkelai dan bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Saat ini pertashop masuk dalam program kemitraan. Jadi ada mekanisme internal antara mitra dengan pihak desa yang di kelola oleh BUMDes. Harapannya bisnis berjalan lancar dan masyarakat sekitar juga mendapatkan kemanfaatan,” jelasnya.

Kepala Desa Kalibagor Slamet Riyanto menyampaikan “dengan senang hati bahwa Desa Kalibagor mendapatkan Usaha Pertashop yang bermitra dengan UMP, semoga kedepan bisa menjadikan kalibagor  maju dan bisa mendapatkan PADes yang akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kalibagor”.

Dalam pembukaan Pertashop juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kerjasama antara pihak CV. Insan Madani Energi dengan Pemerintah Desa Kalibagor. Dan diakhiri pengguntingan Pita untuk diawalinya usaha Pertashop di Desa Kalibagor oleh Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein. (@mantoxbagor)