Pemerintah Desa Kalibagor mengirimkan 5 (lima) orang utusan dari Desa Kalibagor untuk mengikuti Pelatihan Pemetaan Desa di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Kelima orang utusan dari dua Perangkat Desa, dua Lembaga Desa dan satu Tokokh masyarakat.

Pelatihan dilaksanakan selama empat hari mulai Selasa hingga Jumat (19-22/4/2016). Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas perencanaan desa berbasis spasial, dan sekaligus untuk Pemetaan wilayah yang ada di wilayah Kecamatan Kalibagor. Untuk Buka peta ini merupakan kerjasama antara enam desa yang ada di Kecamatan Kalibagor.

Buka Peta diselengarakan atas kerjasama dengan Buka Peta Jakarta untuk membuat foto udara dengan Pesawat Dround juga sekaligus pembelajaran tentang materi Qgis untuk membuat Peta. Juga Desa di wilayah Kecamatan kalibagor dan Gedhe Foundation.

Dalam kegiatan selama 4 hari untuk kegiatan materi Qgis atau belajar untuk membuat peta desa, dan membuat Foto udara dengan Pesawat Dround. Pada pelatihan itu peserta dikenalkan dengan teori-teori pemetaan, praktik dasar drone desa, pengenalan aplikasi Qgis, dan praktik mengolah data pada peta.