Peserta Lomba

Peserta Lomba

Kalibagor, PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Kecamatan Kalibagor bekerjasama dengan Panah Merah (Perusahaan Benih Bibit Hortikultura) mengadakan kegiatan Lomba Masak dengan bahan dasar Jagung Manis Bonanza 2 di Pendopo Kecamatan Kalibagor pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2013.

 

Panitia

Panitia

Peserta dari Desa Kalibagor

Peserta dari Desa Kalibagor

Peserta dari Desa Kalibagor

Peserta dari Desa Kalibagor

Kegiatan Lomba dengan bahan dasar pokok Jagung Manis ini diikuti oleh 12 Desa se-wilayah Kecamatan Kalibagor, masing-masing peserta bebas menentukan pilihan sendiri jenis masakan dengan bahan dasarnya Jagung Manis. Saat perlombaaan berlangsung seluruh peserta atau Tim di masing-masing Desa sangat serius dalam mengolah atau membuat makanan yang bahan dasarnya Jagung Manis yang sudah ditentukan oleh panitia Penyelenggara dalam hal ini PPL (Petugas Penyuluh lapangan Kecamatan Kalibagor dengan Panah Merah).

Salah satu panitia saat ditemui menyampaikan “ kegiatan ini merupakan kegiatan dari PPL Kecamatan Kalibagor bekerjasama dengan Panah Merah, lomba masak ini memang kita spesialkan dengan bahan dasar jagung Manis dengan tujuan untuk mendukung program Pemerintah Difertifikasi Keanekaragaman Pangan. Lomba memasak Jagung Manis yang berlangsung sehari dan baru pertama kali diadakan  ini diikuti oleh anggota PKK Desa dan KWT (Kelompok Wanita Tani) se-wilayah Kecamatan Kalibagor” tutur Anggun Bayu Aji (29) PPL THL-TBPP Kecamatan Kalibagor.

 Tiap tim diwajibkan membuat kreasi makanan dari Jagung Manis ini  ditentukan oleh panitia yaitu 3 jenis kreasi makanan dengan bahan dasar pokok Jagung Manis. Dari 12 Desa se-wilayah Kecamatan Kalibagor ini membuat berbagai macam kreasi makanan masing-masing diantaranya ada; Martabak Jagung Manis, Puding Jagung, Bubur Jagung, Soup Jagung, Kick Jagung, Bakmi Jagung, Nasi goreng Jagung, Soto ayam Pipil Jagung dan berbagai macam lagi yang dibuatnya oleh kreasi masing-masing Tim atau kelompok.

 Tim PKK dari Desa Kalibagor saat di temui menyampaikan; “kami dari PKK Desa Kalibagor mengikuti Lomba Masak dengan bahan dasar Jagung Manis 1 kelompok  5 anggota yang terdiri dari Bu Muflih, Sri Surahmi, Bu Win, Bu Ugi dan Bu Ponimin yang merupakan anggota PKK Desa Kalibagor. Yang dibuat dari tim kami ada Puding Jagung, Bubur Manado Jagung, Martabak Jagung Manis, Bubur Jagung Manis, Soup buah Jagung Manis. Sebenarnya ketentuan yang dibuat oleh panitia Cuma 3 macam, tetapi kita dari tim bisa lebih membuat dari yang ditentukan” kata bu Muflih peserta dari PKK Desa Kalibagor.

 Lebih kurang jam 11 siang para tim sudah siap dan dinilai oleh tim Juri dari masing-masing perwakilan, setelah di nilai yang mendapatkan juara 1 adalah kelompok  PKK Desa Kalibagor, Juara 2 Desa Pajerukan dan Juara 3 Desa Karangdadap. Red.