Ketua TP PKK Desa Kalibagor ibu Suratmi Tjiptadi sedang memaparkan tentang kegiatan Kelompok PKK RT 06 RW 01 Desa Kalibagor kepada Tim Yuri dan tamu undangan

Kalibagor, Tim Penilai Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan melihat langsung lokasi lomba di RT 06 RW 01 Grumbul Kalibagor Cilik Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor pada hari Selasa (4/10/2016).

Hadir dalam Penilaian Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan Siswoyo Camat Kalibagor, Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kalibagor, Ketua TP PKK Desa Kalibagor, Ketua PKK Desa se Kecamatan Kalibagor, Kelompok PKK RT 06 RW 01 dan masyarakat Desa Kalibagor.

Kedatangan Tim penilai Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan disambut oleh para undangan dan diiringi oleh Group Rebana dari Kelompok PKK RT 06 RW 01 Grumbul Kalibagor Cilik Desa Kalibagor.

Dalam Pertemuannya Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Kalibagor Ibu Siswoyo menyampaikan selamat datang dan sekaligus memberikan gambaran keadaan kegiatan Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) di Desa kalibagor. Dilanjutkan oleh Ibu Suratmi Tjiptadi selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kalibagor memaparkan Profil Kelompok PKK RT 06 RW 01, kegiatan PTP, dan Visi Misi Kelompok PKK RT 06 RW 01 Desa Kalibagor.

Ibu Slamet Sudiro Tim Penilai Lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan “bertujuan untuk melihat secara dekat untuk melaksanakan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas tahun 2016 untuk mengadakan atau penilaian lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) PKK Desa Kalibagor, melihat secara dekat kegiatan Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) yang di laksanakan oleh PKK Desa Kalibagor.

“Kesempatan ini Ibu Bupati tidak bisa mengikuti, hanya pesan kegiatan untuk ditingkatkan dalam pelaksanaan pemanfaatan tanah pekarangan ini untuk bisa di tularkan kepada desa-desa lain yang belum melaksanakan memanfaatkan. Pemanfaatan ini bukan hanya tanaman sayuran-sayuran saja dilingkungan rumah, tapi bisa juga tanaman –tanaman keras, peternakan maupun yang lain”. Jelanya

Siswoyo, S.Pd. MM. Camat Kalibagor saat ditemui menyampaikan “Berkaitan dengan lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan,  kami sangat salut kepada warga RT 06 RW 01 ini, karena semangatnya sangat luar biasa, jauh-jauh hari di awal tahun mereka sudah mempersiapkan untuk mengikuti lomba, sekaligus sebagai motifasi memberdayakan atau memanfaatkan lingkungan, baik untuk pemanfaatan tanaman obat tradisional maupun untuk kebutuhan rumah tangga”.

“Terkait dengan program pemberdayaan masyarakat agar nantinya masyarakat bisa memanfaatkan lahan-lahan yang ada,  baik di pekarangan rumah atau tempat-tempat lain yang masih kosong. Program pemberayaan ini sangat kami harapkan dan prioritaskan, karena mereka diberdayakan dengan sumber daya manusianya dengan pemanfaatan sumber daya alamnya mereka akan bisa mandiri kedepan, ibaratnya untuk tanaman cabe, sayuran maupun tanaman obat itu sudah tersedia di lingkungan masyarakat sendiri”.  Ujarnya

Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor menyampaikan “terima kasih atas kehadiran tim yuri lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan tingkat Kabupaten Banyumas, ini merupakan kebanggaan kami, sehingga bisa untuk memberikan motivasi kepada kelompok ibu-ibu PKK untuk lebih giat lagi dalam menjalankan kegiatan yang bermanfaat, terutama untuk bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang masih kosong untuk bisa dimanfaatkan tanaman sayuran atau yang lainnya”.

Kegiatan penilaian lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan untuk yuri langsung ke lokasi sasaran penilaian yang sudah disiapkan oleh Kelompok PKK RT 06 RW 01. Tim yuri melihat langsung bagaimana pemanfatan tanah pekarangan yang ada di RT 06 RW 01 Grumbul Kalibagor Cilik Desa Kalibagor. (manto)