Satuan Tugas (Satgas) Relawan Aman Covid-19 Desa Kalibagor membantu proses pemakaman jenasah warga sesuai dengan protokol kesehatan, Rabu (11/8). Kegiatan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Kalibagor itu juga dikawal oleh pihak kepolisian, tentara, dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Kalibagor.

Kegiatan Perbantuan pemakaman merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Satgas Relawan Aman Covid-19 Desa Kalibagor. Para relawan telah mendapatkan pelatihan khusus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas.

Para sukarelawan terlihat antusias dan bersemangat selama proses pemakaman. Keringat tampak bercucuran di wajah dan tubuh mereka. Selain keletihan akibat terik matahari, mereka harus bertahan untuk mengenakan alat pelindung diri–berupa baju hazmat, sepatu boot, karung tangan, masker, dan pelindung wajah–yang menguras stamina.

Desa Kalibagor patut berbangga karena para pemuda desa bersedia bergabung sebagai relawan di Satgas Aman Covid-19. Pekerjaan yang mereka lakukan sangat berat sekaligus bersinggungan dengan bahaya, yaitu risiko tertular Covid-19.

Bermodal kemauan keras untuk belajar cepat, disiplin dan hati-hati, para relawan belum ada yang pernah terpapar Covid-19. Meski tanpa gaji dan biaya operasional yang minim, mereka terus berjuang di garda depan penanganan Covid-19 di tingkat desa.

Ayo dukung perjuangan mereka dengan melakukan pembatasan mobilitas sosial, mematuhi protokol kesehatan, disiplin mengenakan masker, dan rajin mencuci tangan. Mari berdonasi untuk mendukung kerja kemanusiaan yang dilakukan Satgas Relawan Aman Covid-19 Desa Kalibagor.

Sutinah I1F020009