Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Desa Kalibagor melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang terpapar Covid-19, Jumat (6/8). Kegiatan ini menyasar empat rumah warga. Para relawan Satgas Covid-19 dibantu para mahasiswa dari Jurusan Ilmu Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di desa itu.

Sekretaris Desa Kalibagor, Sumanto, mengatakan penyemprotan disinfektan merupakan salah satu layanan yang diberikan Satgas Covid-19 Desa Kalibagor untuk membantu warga yang terpapar Covid-19 dalam membersihkan tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya. Masyarakat dapat meminta layanan ini secara gratis.

“Penyemprotan disinfektan dilakukan dengan standar protokol kesehatan. Para relawan sudah mendapat pembekalan dari BPBD Kabupaten Banyumas. Cairan disinfektan juga diberikan oleh mereka,” jelasnya.

Manfaat layanan ini sangat dirasakan oleh warga terdampak Pandemi COVID-19, terutama untuk meringankan beban mereka dalam membersihkan tempat tinggal dari virus corona.

Selain kegiatan penyemprotan, Satgas Covid-19 Desa Kalibagor juga memberikan bingkisan berisi sembako dari Pemerintah Desa Kalibagor. Warga terdampak juga diberikan edukasi praktis untuk menambah pengetahuan warga perihal pencegahan dan penanganan penularan Covid-19.

Warga dapat mengakses Sistem Informasi COVID-19 secara online melalui https://kalibagor.desa.id/covid19/ untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19 di tingkat desa.

Sutinah I1F020009