Kalibagor, Sejumlah siswa siswi kelas XII Jurusan Broadcast SMKN 3 Banyumas melakukan pembuatan film video dokumenter di obyek wisata Lorong Blothong Jengkonang Kalibagor , Jumat sore 2 Agustus 2019.

Rombongan yang tengah mengikuti PKL ini sengaja datang ke Lorong Blothong, karena penasaran, sekaligus menganggap Lorong Blothong adalah obyek wisata yang unik,menarik dan bersejarah.

Menurut Reta dan Laela wakil siswa SMKN 3 Banyumas, banyak yang bisa digali dari obyek wisata peninggalan Belanda tahun 1839 tersebut.
“Karena lorong merupakan bekas peninggalan sejarah Belanda, kita ingin tahu lebih banyak lagi. Kita juga belum pernah mengunjungi lorongnya seperti apa, asal usulnya bagaimana ?” ujar Reta.

Dalam pembuatan dokumenter ini, kita sama sama belajar, dibantu kakak kakak dari Balixinema Indonesia, untuk masing masing bertugas jadi sutradara, camera man dan penulis skenario katanya.

Dalam kegiatan ini, para siswa yang didampingi rombongan Sanggar Balixinema Indonesia juga mengunjungi beberapa spot di Lorong Blothong untuk pengambilan gambar, diantaranya Pesona Jengkonang Outbond yang masih dalam tahap penggarapan, lorong blothong, taman lorong blothong dan wahana tembok selfie Indonesia dan dunia yang ada di sepanjang tembok eks pabrik gula sebelah utara.

Penulis : Ria Utami