Kalibagor, Sebanyak 41 siswa-siswi  SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto melaksanakan kunjungan dan  melukis payung pada hari Jum’at (16/03/2018) di Pendopo Balai Desa Kalibagor.

Dalam Kunjungannya rombongan Siswa siswi SMP Nasional Putera Harapan bermaksud untuk belajar mengenal payung tradisional yang ada di Desa Kalibagor. Siswa Siswi disambut oleh Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor yang sekaligus mengenalkan payung Kalibagor yang selama ini sudah beberapa kali mengikuti Festival Payung Indonesia.

Dalam sambutannya Tjiptadi Kepala Desa Kalibagor menyampaikan “selamat data kepada siswa siswi yang sudah berkenan berkunjung ke desa Kalibagor untuk belajar mengenal payung Kalibagor lebih dekat. Payung Kalibagor sudah beberapa kali mengikuti kegiatan Festival Payung Indonesia, juga payung Kalibagor juga sudah banyak digunakan untuk kegiatan seperti Exstravaganza, Kampanye anti Hoax dan sebagainya.”

“Payung Kalibagor menggunakan kertas limbah kantong semen, yang selanjutnya di kasih warna atau di cat sesuai keinginan dan digambar atau dilukis. Sekarnag payung sudah banyak digunakan berbagai macam, baik untuk Dekorasi ruangan maupun, pengantin, kematian, souvenir maupun lainnya, sesuai dengan perkembangan jaman sekarang. Dalam kunjungan kali ini silakan di manfaatkan untuk belajar melukis payung dengan imajinasi sendiri, harapannya agar para siswa dapat memanfaatkan kunjungan untuk memperoleh pembelajaran tentang payung Kalibagor dan melukisnya semoga dapat bermanfaat dan  pengetahuan bagi siswa siswi” jelasnya.

Dalam kunjungan ini siswa-siswi SMP Nasional Putera Harapan Purwokerto mendapatkan penjelasan tentang sejarah payung dan serba-serbi kegiatan payung Kalibagor dan di pandu untuk melukis payung oleh Manto yang sudah beberapa kali mengikuti kegiatan Festival payung maupun promosi payung baik melalui media maupun kegiatan-kegiatan.

Kunjungan yang dilaksanakan 1 (satu)  hari ini merupakan kerjasama juga dengan BUMDes Kusuma Mukti Kalibagor. BUMDesa Kusuma Mukti Desa Kalibagor sudah berjalan dengan Waserda dan yang juga mengarap potensi kalibagor diantaranya Kerajinan Payung, Embung Mini dan Kebun Buah Kelengkeng.

Kegiatan BUMDes Kusuma Mukti Desa Kalibagor baik yang sudah dilaksanakan maupun yang direncanakan merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan Desa Kalibagor baik di bidang Sumber daya alam yang bisa menambah Pendapatan Desa Kalibagor.

Fitri Guru SMP Nasional Putera Harapan Purwokerto yang mendampingi kunjungan ke Bale Desa Kalibagor mengucapkan “terima kasih atas berkenannya siswa siswi SMP Putera Harapan Purwokerto ke Desa Kalibagor untuk mengenal langsung payung Kalibagor dan belajar melukis di Payung semoga bisa menjadikan manfaat bagi siswa siswi dan dan mendapatkan pengetahuan secara langsung tentang payung kalibagor”.

Setelah Pemaparan dan materi dari Kepala Desa Kalibagor dan Narasumber dilanjutkan melukis payung bersama di Pendopo Balai Desa Kalibagor sampai selesai. Selama kunjungan para siswa didampingi oleh empat orang guru.