Kalibagor, (2/2/18), Pemerintah Desa Kalibagor mendapat kujungan kegiatan Live In dari SMA Waskito Tangerang Selatan Provinsi Banten, Kegiatan Live In selama tiga hari mulai tanggal 31 Januari s.d 2 Februari 2019.

Kegiatan Live In dari SMA Waskito Tangerang Selatan selama tiga hari di Desa Kalibagor, hari pertama kegiatan pembukaan di Pendopo Balai Desa Kalibagor yang di hadiri oleh Camat Kalibagor, Perangkat Desa Kalibagor, BPD, LPMD, Ketua RT, Pembimbing dan para siswa SMA Waskito Tangerang Selatan.

Dalam acara pembukaan Pemerintah Desa menyuguhkan Tarian tradisional Jawa untuk menyambut  dan menghibur kedatangan peserta Live In. Dalam kegiatan Ramah Tamah  Pihak Pemerintah desa memberikan kenang-kenangan kepada SMA Waskito juga  SMA Waskito memberikan kenang-kenangan kepada Pemerintah Desa Kalibagor.

Dalam sambuatannya Camat Kalibagor Siswoyo menyampaikan “mengucapkan selamat datang kepada peserta Live In dari SMA Waskito ke Kabupaten Banyumas untuk kegiatan Live In khususnya di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor, semoga kegiatan ini biisa mengenal lebih dekat kehidupan di desa, dan sekaligus sebagai pengalaman yang sangat berharga”.

Semoga selama kegiatan Live In di Desa Kalibago bisa berkesan dan menambah ilmu terutama bisa belajar beradaptasi langsung dengan masyarakat di desa. Dengan ditambah juga melakukan kegiatan potensi desa yang ada didesa Kalibagor, terutama mengenal payung tradisional dan melukis diatas payung, membatik dan mengenal pembuatan keris, yang semuanya kegiatannya  dipusatkan  di Sanggar Kegiatan Belajat (SKB) Kalibagor”.

Sekretaris Desa Kalibagor Sugiarti menyampaikan “selamat datang kepada peserta Live In dari SMA Waskito Tangerang Selatan, semoga kegiatan ini bisa berkesan oleh rekan-rekan peserta Live In semua.  Semoga para peserta bisa mengenal kegiatan warga masyarakat Desa Kalibagor, yang berbagai aktifitas kegiatan”.

Kegiatan Live in berlangsung selama tiga hari, dimulai pada hari Kamis 31 Januari – 2 Februari 2019. Peserta Live ini menginap di rumah warga masyarakat Desa Kalibagor. Peserta sebanyak 150 siswa siswi dan 6 pendamping menginap di Home Stay atau rumah penduduk desa Kalibagor sebanyak 28 rumah.

Home Stay difokuskan di wilayah RW IV Desa Kalibagor yang daerahnya banyak perkebunan, terutama perkebunan kelengkeng dan terdapat Embung Mini, hingga para siswa bisa belajar mengikuti aktifitas keluarga yang mereka tinggali.

Kepala SMA Waskito Kota Tangerang Selatan Endang Tri Ningrum mengatakan, “Kegiatan Live in di Desa Kalibagor ini merupakan kegiatan siswa untuk bisa mengenal kehidupan berkeluarga di desa, juga untuk bisa melaksanakan kegiatan potensi desa yang ada di desa Kalibagor”.

“Kedatangan kami untuk mengantarkan siswa agar lebih mengenal dan dekat dengan kehidupan berkeluarga di masyarakat desa. Dengan kunjungan tersebut, mudah-mudahan dapat memotivasi siswa untuk belajar keseharian yang dilakukan oleh rumah tangga yang siswa tinggali,” kata Endang kepada Kabar Banten.

“Live In merupakan pembelajaran siswa siswi diluar kelas secara langsung untuk mengetahui kehidupan bermasyarakat bersosialisasi baik dengan teman sendiri maupun lingkungannya dan bagaimana menghargai kebudayaan dan karya daerah yg di kunjung. Dan harapan siswa siswi lebih menghargai kehidupan orang lain lebih mandiri”. jelasnya.

Selama tiga hari siswa mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat baik dari keluarga yang, mereka tinggali maupun kegiatan potensi yang ada di Desa Kalibagor. Siswa juga di ajari cara melukis payung kertas, membatik dan cara membuat keris.

Kegiatan siswa peserta juga melaksanakan kerja bhakti lingkungan dan memberikan bantuan Tempat sampah dan sekaligus pemasangan Tempat sampah di lokasi yang strategis. (@mantoxbagor).

Serah terima bantuan Tong Sampah oleh Kepala SMA Waskito kepada Sekdes Kalibagor