Picture1
Kalibagor – Kurangnya lapangan kerja bisa membuat masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi. Di Desa Kalibagor, banyak potensi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Syaratnya, masyarakat harus ulet, semangat, dan telaten. Mereka menggeluti usaha rumahan.

Home industri di Kalibagor tumbuh subur, seperti tusuk es krim, stik naget, dan stik agar-agar atau jeli. Tusuk es krim merupakan home industri yang eksis. Salah satu pengrajin yang sudah menjadi agen adalah Pak Gondrong. Nama aslinya Cawing.

Pak Gondrong beralamat di Rt 04 Rw 03 Desa Kalibagor. Dia mempelopori usaha pembuatan stik es krim sejak sembilan tahun silam. Dia terkenal tidak pelit dalam membagi ilmu kepada masyarakat di Desa Kalibagor.

Pak Gondrong juga menciptakan alat-alat untuk membuat stik es krim, naget, maupun yang lain, mulai dari pembuatan proses pemotongan sampai proses jadi. Bahan yang dipakai untuk membuat stik es krim adalah limbah kayu yang sudah tidak dimanfaatkan oleh pabrik.

Warga luar Desa Kalibagor juga ada yang ikut menjadi mitra Pak Gondrong membuat stik es krim. Mereka membuat potongan kecil-kecil, yang selanjutnya disetorkan kembali kepada Pak Gondrong untuk finishing. Saat ini, banyak orang yang ikut menggeluti usaha pembuatan stik es krim ini, bukan hanya warga Kalibagor, tapi juga orang di luar Kalibagor menjadi mitra Pak Gondrong.

“Sampai sekarang dengan berjalannya sudah banyak orang yang ikut membuat kerajinan stik es krim. Mereka juga memproduksi sendok es krim, stik naget, dan stik agar-agar atau jeli. Ilmu pembuatan stik es krim berawal dari petualangan sewaktu muda,” ujar Pak Gondrong.

Pak Gondrong memiliki cita-cita menjadikan Kalibagor sentra penyuplai stik es krim ke seluruh wilayah Indonesia. Bagi para wirausaha yang membutuhkan suplai stik es krim, sendok es krim, stik naget, dan stik agar-agar jeli, silakan datang ke Kalibagor.