tusuk sate
Kalibagor, Desa Kalibagor merupakan desa di Kota Kecamatan Kalibagor, masyarakatnya berbagai macam dengan pekerjaan baik Pegawai, Karyawan maupun buruh. Yang sangat membanggakan adalah masyarakat dengan sendirinya membuat home industri, salah satunya adalah masyarakat dengan ulet dan telaten membuat Tusuk Sate atau sujen.

Kegiatan pembuatan Tusuk Sate sudah bejalan cukup lama, dan menyebar di berbagai wilayah RT di Desa Kalibagor. “Banyak masyarakat Desa Kalibagor yang menekuni usaha pembuatan tusuk sate, namun akhir-akhir ini banyak warga yang beralih usaha karena dinilai usaha tusuk sate ini kurang mendapat perhatian dan masih bingungnya untuk urusan pemasaran, juga untuk pembuatannya masih menggunakan alat manual” Riswoto Tokoh Masyarakat

Tusuk sate ini sangat susah dalam bidang memasarkanya, karena tusuk sate hanya akan ramai bila musim kurban tiba, lebih dari itu hanya pedagang-pedagang sate yang membutuhkan tusuk sate. Sampai kisaran 20 orang yang masih bertahan menjadi pengrajin tusuk sate, itupun masih memproduksi dalam jumlah yang tidak banyak karena kurangnya pengetahuan untuk masalah pemasaran” dikatakan Siswiarti salah satu pengrajin tusuk sate.

“Semoga dengan diupload kewebsite desa para pengrajin tusuk sate di Desa Kalibagor khususnya dapat lebih maju dan mendapat pesanan yang banyak. Apabilaada yang membutuhkan tusuk sate, silahkan datang ke Desa Kalibagor” ujarnya.