Warga Sedang Memasang Jaringan Pipa Air

Warga Sedang Memasang Jaringan Pipa Air

Kalibagor, Ali Mahdi (45), Ketua RT 07 RW 03 Desa Kalibagor bersama warga masyarakat, melaksanakan kerja bhakti pemasangan jaringan air ke rumah warga. Pasangan jaringan langsung ke rumah warga yang siap memasang dengan swadaya Rp300 ribu per-rumah.

Dikatakan oleh Ali Mahdi bahwa dana untuk kegiatan pemasangan jaringan sarana air bersih mendapat bantuan dari ADD Desa Kalibagor sebesar Rp 7,6 juta. Pemasangan dilaksanakan dengan swakelola langsung oleh warga, ujarnya.

Melihat kondisi lingkungan RT 07 RW 03 merupakan daerah dataran tinggi. Setiap bulan kemarau seperti sekarang sungguh sulit untuk mendapatkan air. Ada dua sumur umum yang kondisinya cukup baik, salah satunya sumur yang sekarang mau dimanfaatkan dengan dipasang jaringan kerumah. Disampaikan Riswoto (Ketua LKMD Kalibagor)

Sumur satunya berada di bawah yang cukup jauh dengan rumah warga, itupun airnya kurang baik. Tahun ini RT mendapat bantuan dana ADD sebesar 7,6 juta, sehingga bisa untuk membuat sarana air bersih. Ujarnya.

Bentuk kerja bakti yang dilakukan adalah pemasangan jaringan pipa mulai dari sumur sampai kerumah warga. Air bersih akan ditarik menggunakan mesin menuju penampungan yang disiapkan. Dari penampungan langsung disalurkan ke rumah warga.

Pembangunan sarana air bersih ini mendapat respon positif oleh warga masyarakat RT 07 RW 03 desa Kalibagor, karena selama ini mereka medapatkan air bersih dari sumur yang cukup jauh dan harus pakai ember, baik mengambil maupun membawa kerumah.

Dengan adanya sarana air bersih, maka warga bisa menikmati dari rumah langsung tanpa mengambil dari sumur. Pipa jaringan dipasangi meteran untuk mengukur jumlah meter kubik air yang dipakai. Warga yang memasang jaringan air bersih nantinya akan dikenakan biaya pemakaian dengan melihat jumlah meteran pengukur kubik.

Dengan adanya bantuan dari ADD (alokasi Dana Desa) warga masyarakat bisa mendapatkan air bersih, yang sudah lama menunggu diadakannya kegiatan pembangunan sarana air bersih. (sumanto/2014)